.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Minggu, 12 Februari 2012

THOMAS L. SAATY: Pencipta Metode Pengambilan Keputusan Analytic Network Process (ANP)

Dalam menentukan pilihan atau mengambil sebuah keputusan, tentu memerlukan pertimbangan dimana keputusan tersebut pasti ada konsekuensinya. Misalnya jika Anda dihadapkan kepada pilihan antara memilih membeli mobil merk T atau merk H pada satu waktu. Dalam membantu melakukan keputusan seperti kasus di atas, pada tahun 1970an Thomas L Saaty mengembangkan sebuah alat pendukung keputusan yang disebut sebagai Analytic Hierarchy Process (AHP).

Thomas L. Saaty adalah seorang profesor pionir Operation Research dan penyusun textbook pertama dalam Mathematical Methods of Operational Research dan sistem antrian. Ia adalah profesor dari Pittsburg University, Amerika Serikat kelahiran Irak. Saaty adalah satu dari sedikit expert dalam metode pengambilan keputusan (Decision Making).

Lahirnya AHP diawali pada tahun 1960. Thomas L Saaty ditunjuk memimpin “research project for arms control and disarmament agency” di Departemen Pertahanan Amerika mengenai masalah mis-komunikasi antara ilmuwan dan pengacara dalam mengambil keputusan tentang nilai persenjataan Amerika Serikat dan posisi AS di dunia. Thomas L Saaty merasa ada kebutuhan simple way dalam pembuatan keputusan. Maka lahirlah AHP.
 
AHP merupakan teori dan metodologi untuk memodelkan masalah ekonomi, sosial dan management science. AHP juga merupakan framework untuk memilih yang terbaik dari beberapa alternatif, menentukan prioritas, dan mengalokasikan sumberdaya. AHP memungkinkan untuk diaplikasikan dalam Group Decision Making. Generalisasi model AHP adalah Analytic Network Process. Sederhananya, ANP adalah bentuk pengembangan dari konsep AHP.

ANP adalah teori umum pengukuran relatif yang digunakan untuk menurunkan rasio prioritas komposit dari skala rasio individu yang mencerminkan pengukuran relatif dari pengaruh elemen-elemen yang saling berinteraksi berkenaan dengan kriteria kontrol. ANP merupakan teori matematika yang memungkinkan seseorang untuk memperlakukan dependence dan feedback secara sistematis yang dapat menangkap dan mengkombinasi faktor-faktor tangible dan intangible (Azis, 2003).

Menurut Saaty, ANP merupakan pendekatan baru dalam proses pengambilan keputusan yang memberikan kerangka kerja umum dalam memperlakukan keputusan-keputusan tanpa membuat asumsi-asumsi tentang independensi elemen-elemen pada level yang lebih tinggi dari elemenelemen pada level yang lebih rendah dan tentang independensi elemen-elemen dalam suatu level.

Saaty menulis beberapa buku untuk Sistem Pendukung Keputusan khususnya Metode AHP dan ANP. Diantaranya ialah sebagai berikut :

Theory and Applications of the Analytic Network Process: Decision Making with Benefits, Opportunities, Costs, and Risks Thomas L. Saaty, 352 pp. , RWS Publications, 2005. ISBN 1-888603-06-2.

The Encyclicon; a Dictionary of Applications of Decision Making with Dependence and Feedback based on the Analytic Network Process Thomas L. Saaty and Müjgan Özdemir, paperback, 292 pp., RWS Publications, 2005. ISBN 1-888603-05-4.

The Analytic Network Process: Decision Making with Dependence and Feedback  Thomas L. Saaty, 386 pp., RWS Publ., 2001. ISBN 0-9620317-9-8

NEW! Creative Thinking, Problem Solving & Decision Making T.L. Saaty, 267 pp., RWS Publ., 2005 (new ed.). ISBN-1-888603-03-8

The Brain: Unraveling the Mystery of How it Works, The Neural Network Process  Thomas L. Saaty, 481 pp., RWS Publ., 1999. ISBN 1-888603-02-X.

Decision Making for Leaders Vol. II of the AHP Series Thomas L. Saaty, 315 pp., RWS Publ., 2001 (new ed.). ISBN 0-9620317-8-X

The Logic of Priorities  Thomas L. Saaty and Luis G. Vargas Vol. III, AHP Series, , 299 pp.
Analytic Planning: The Organization of Systems Thomas L. Saaty & Kevin P. Kearns Vol. IV, AHP Series, , 208 pp.

The Hierarchon: A Dictionary of Hierarchies Thomas L. Saaty & Ernest H. Forman, Vol. V, AHP Series, , 496 pp., RWS Publ., 1992. ISBN 0-962-0317-5-5.

The Fundamentals of Decision Making and Priority Theory with the Analytic Hierarchy Process Thomas L. Saaty Vol. VI of the AHP Series, , 478 pp., RWS Publ., 2000 (revised). ISBN 0-9620317-6-3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

share
free web site traffic and promotion