.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Jumat, 01 Juli 2011

Jihad Iqtishadi yang Bersinambungan

Penegasan Kembali tentang Jawaban Islam atas Sistem Ekonomi Konvensional
Salah satu keuntungan dari dihapuskannya sistem riba adalah terjadinya keseimbangan dan pemerataan dalam distribusi kekayaan (kesejahteraan). Ciri yang muncul dari sistem riba bersifat kebalikannya. Keuntungan satu pihak (pemodal) sudah pasti ketika peminjam modal menderita rugi (karena ada jaminan lain yang akan diperoleh sebagai pengganti) atau ketika peminjam modal mendapat untung. Adapun peminjam modal berada dalam ketidakpastian karena uang yang dipinjam ada kemungkinan menghasilkan keuntungan atau sebaliknya justru mengalami kerugian.

Dalam konteks yang lebih luas, misalnya pada perusahaan besar, besarnya keuntungan yang diperoleh tetap tidak menjamin perusahaan itu bebas dari risiko. Kenyataannya, ketika risiko dari sebuah perusahaan besar dianggap kecil karena faktor internal (misalnya, alat produksi) sudah tersedia dan terukur kerjanya, justru pada saat yang sama perusahaan itu menghadapi risiko lain, yaitu risiko dari luar. Jadi, semakin besar suatu perusahaan, semakin besar risiko yang dihadapinya. Dalam sistem ekonomi kapitalis, keseimbangan dalam distribusi kekayaan pun menjadi sangat tidak stabil. Kadang peminjam harus mengalami kerugian yang sangat besar, sedangkan pemberi pinjaman terus mengeruk keuntungan. Di sisi lain, kadang pula peminjam mendapat keuntungan yang sangat besar, sedangkan pemberi pinjaman hanya mendapat bagian yang sangat kecil dibandingkan dengan keuntungan tadi. Dari situ muncul ketidakadilan dalam menanggung risiko kerugian atau dalam membagi hasil keuntungan.


Adapun Islam melarang sistem riba karena ia hanya membolehkan dua bentuk kerja sama usaha, yaitu mudharabah[1] dan musyarakah[2]. Kedua bentuk itu bebas dari sistem riba sehingga akan terjadi keseimbangan dan pemerataan dalam keuntungan atau kerugian. Kedua bentuk kerja sama usaha itu dalam skala yang lebih besar memberikan kemudahan dalam distribusi kekayaan. Dalam sistem ekonomi kapitalis, justru kekayaan tidak terdistribusi dengan merata dan terus menjadi “setan yang menghantui” sistem ekonomi itu. Kekayaan dalam sistem kapitalisme hanya menumpuk pada sebagian kecil manusia, sedangkan kekayaan dalam konteks Islam harus terdistribusi secara merata.

Dalam kapitalisme, kegiatan ekonomi berawal dari dan berakhir pada riba, bahkan cenderung ingin menguasai kekayaan secara menyeluruh hingga berupaya memonopoli semua pasar dan menggerakkannya sesuai dengan keinginan pribadi. Akibatnya, sistem itu tidak dapat berjalan dalam proses yang alami, tetapi justru berjalan dalam proses yang merusak karena akhirnya menyebar ke lingkup kehidupan manusia lainnya. Itulah wujud nyata kejahatan ekonomi kapitalis. Pengaruh jahatnya tidak berhenti di situ, tetapi masuk hingga merusak sendi-sendi moral, sosial, dan politik (khususnya korupsi).

Jadi, dengan melarang riba, berarti Islam menghancurkan pula kejahatan sistem itu hingga ke akarnya atau dampak turunannya. Di bawah sistem Islam, setiap orang yang menanamkan modal memiliki hak atas kerja sama usaha yang dilakukan dan kebijakannya, ikut serta menanggung untung atau rugi, dan tidak boleh menjalankan usaha itu sesuai dengan keinginannya tanpa melibatkan pemodal atau peminjam modal lainnya.

Dalam skala yang lebih besar, seperti kasus Bank Century atau bank-bank yang dilikuidasi pada masa krisis moneter 1998, pemerintah harus turun tangan agar permasalahannya tidak menjalar ke bank-bank lain. Langkah itu memang harus diambil agar tidak terjadi kepanikan di tengah masyarakat yang bermuara pada rush (penarikan dana dari bank secara masif). Namun, masalahnya ternyata tidak berhenti di situ. Pertanyaan lain akan timbul. Ke mana dana likuidasi itu mengalir? Ilustrasinya seperti yang digambarkan tulisan Muhaimin Iqbal.

Ini adalah pertanyaan awam yang muncul hampir di seluruh dunia menyangkut banyaknya bank-bank dan lembaga keuangan besar yang berjatuhan. Bank-bank dan lembaga keuangan tersebut berjatuhan pada umumnya karena kesulitan likuiditas.

Mengapa kesulitan likuiditas berlaku serentak? Bukankah likuiditas seharusnya menyerupai sifat air (liquid = cairan), yaitu kalau tidak ada di suatu tempat (bank) seharusnya mengalir ke tempat (bank) lain? Mengapa krisis likuiditas selalu serentak/bersamaan?

Logika awamnya memang demikian, tetapi bukan logika awam seperti itu yang berlaku di dunia perbankan dan keuangan global. Mayoritas likuiditas dunia perbankan bukan dari uang seperti yang kita kenal (uang kertas dan uang logam), melainkan dari uang bank yang dihasilkan melalui suatu proses penciptaan uang (
money creation) yang canggih dalam sebuah sistem perbankan yang disebut Fractional Reserve Banking. Ilustrasinya:

Asumsikan Anda mempunyai uang satu miliar rupiah yang Anda simpan di bank A. Di Indonesia, misalnya, bank A hanya wajib mencadangkan 5% dana simpanan atau Rp50 juta. Selebihnya, Rp950 juta dipinjamkan bank A ke bank B. Oleh karena bank B hanya wajib mencadangkan 5% simpanannya atau Rp 47,5 juta, uang simpanan itu pun dipinjamkan bank B ke bank C sebesar 95% atau Rp902,5 juta. Bank C pun demikian. Ia meminjamkannya lagi ke Bank D, dan seterusnya.

Secara teoretis, uang yang awalnya hanya satu miliar rupiah berpotensi menghasilkan likuiditas berupa uang bank yang besarnya 20 kali lipat atau Rp20 miliar melalui Fractional Reserve Banking dengan
minimum reserve 5%. Dampak sebaliknya akan terjadi. Jika uang satu miliar rupiah itu Anda tarik dari bank A, seluruh sistem perbankan berpotensi kehilangan likuiditas yang nilainya tidak hanya satu miliar, tetapi uang bank yang tercatat sudah mencapai Rp20 miliar melalui sistem perbankan yang brilian atau disebut Fractional Reserve Banking! Bayangkan jika banyak orang dengan simpanan uang miliaran rupiah seperti Anda menarik semua uangnya secara bersamaan dari bank, pastilah bank yang paling besar sekalipun akan kolaps.

Jadi, krisis likuiditas global sekarang bukan karena likuiditas mengalir dari satu tempat ke tempat lain, seperti mengalirnya air, melainkan likuiditas yang awalnya memang tidak ada atau hanya “semu” kembali menjadi tidak ada.

Selama sistem perbankan mengadopsi sistem Fractional Reserve Banking, kebangkrutan satu bank akan selalu menyeret seluruh industri perbankan. Atas alasan itu, negara-negara di dunia selalu mati-matian menyelamatkan bank yang sedang bermasalah karena dampak yang lebih buruk akan terjadi kalau tidak diselamatkan. Itulah perbedaan sistem keuangan antara perbankan ribawi dan sistem dinar. Dalam sistem keuangan ribawi—perbankan selalu menjadi awal musibah atau penyebab dalam setiap krisis (Tentu kita masih ingat krisis di Indonesia 97/98, dan krisis di AS saat ini).

Laporan banyak lembaga dunia menegaskan semua itu. Misalnya, perubahan teknologi dan liberalisasi keuangan telah mengakibatkan peningkatan jumlah rumah tangga tidak proposional pada tingkatan yang teramat kaya tanpa distribusi bagi yang miskin. Dari 1988-1993, pendapatan 10% penduduk termiskin di dunia merosot lebih dari seperempatnya, sedangkan pendapatan 10% penduduk terkaya di dunia meningkat 8%.[3]

Sekitar tiga puluh tahun lalu, perbandingan pendapatan rata-rata di 49 negara terbelakang dengan pendapatan negara-negara terkaya adalah 1 : 87. Pada tahun 2001, perbandingannya menjadi 1 : 98.[4] Total kekayaan orang-orang yang memiliki aset minimal $1 juta meningkat hampir 4 kali lipat pada 1986-2000 dari $7,2 triliun menjadi $27 triliun. Meskipun terjadi kemerosotan keuangan global dan bisnis dot.com saat ini, Merril Lynch memprediksi bahwa kekayaan mereka meningkat 8% tiap tahunnya dan perkiraan tahun 2005 mencapai $40 triliun.[5]

Sejak 1994—1998, nilai kekayaan bersih dua ratus orang terkaya di dunia bertambah dari $40 miliar menjadi lebih dari $1 triliun. Aset tiga orang terkaya lebih besar dibandingkan gabungan GNP 48 negara terbelakang. Jumlah miliarder meningkat 25% dua tahun terakhir (‘97—‘99, pen.) menjadi 475 orang dengan nilai kekayaan lebih besar dari 50% penduduk termiskin dunia.[6] Adapun seperlima orang terkaya di dunia mengonsumsi 86% semua barang dan jasa, sedangkan seperlima orang termiskin di dunia hanya mengonsumsi kurang dari 1%.[7]

Pada saat yang sama, sebanyak 200 perusahaan papan atas dunia menguasai 28% perekonomian global, 500 perusahaan papan atas dunia mengontrol 70% perdagangan dunia, dan 1.000 perusahaan papan atas dunia menggenggam 80% industri dunia.[8] Dari 100 pelaku ekonomi terbesar di dunia, 52 di antaranya adalah perusahaan raksasa, 48 lainnya adalah negara. Mitsubishi berada pada posisi ke-22, General Motors ke-26, dan Ford Motor ke-31. Gabungan ketiga perusahaan raksasa itu mengalahkan kekayaan Denmark, Thailand, Turki, Afrika Selatan, Arab Saudi, Norwegia, Finlandia, Malaysia, Chili, dan Selandia Baru. Gabungan penjualan 200 perusahaan raksasa dunia masih lebih besar dari 18 kali lipat pendapatan tahunan 1,2 miliar orang miskin.[9]

Pada tahun 1999, hasil penjualan dari 5 perusahaan raksasa (General Motors, Wal-Mart, Exxon Mobil, Ford Motor, dan DaimlerChrysler) lebih besar dari GDP 182 negara.[10] Dua puluh tahun lalu, dua puluh perusahaan farmasi papan atas dunia memegang 5% perdagangan obat-obatan dunia dengan resep. Dewasa ini, sepuluh perusahaan farmasi papan atas dunia menguasai 40% pasar. Dua puluh tahun lalu, 65 perusahaan bahan kimia untuk pertanian bersaing di pasar dunia dan dewasa ini hanya tersisa sembilan perusahaan tetapi menguasai 90% pangsa pasar pestisida.[11]
Di sisi lain, di seluruh dunia kira-kira 50 ribu orang meninggal setiap hari akibat kurangnya kebutuhan tempat tinggal, air yang tercemar, dan sanitasi yang tidak memadai.[12] Kelaparan disebabkan oleh kenyataan bahwa pengembangan perdagangan dunia lebih dititikberatkan pada negara-negara Utara (negara maju), sementara perluasan utang lebih diarahkan ke negara-negara Selatan (negara berkembang).[13] Peningkatan produksi pangan dalam 35 tahun terakhir telah melampaui laju pertumbuhan penduduk dunia sebesar 16%. Peningkatan tersebut belum pernah terjadi.[14]

Pada tahun 1997, 78% anak-anak di bawah usia lima tahun yang kekurangan gizi di negara-negara sedang berkembang sebenarnya hidup di negara-negara yang mengalami surplus pangan.[15] Ketika 200 juta orang India kelaparan, pada tahun 1995, India mengekspor gandum dan tepung terigu dengan nilai $625 juta serta beras 5 juta ton dengan nilai $1,3 miliar.[16] Dewasa ini, 826 juta manusia menderita kekurangan pangan yang sangat kronis dan serius kendati dunia sebenarnya mampu memberi makan 12 miliar manusia (2 kali lipat dari penduduk dunia) tanpa masalah sedikit pun.[17]

Pada tahun 1997, hampir 10 juta orang AS yang terdiri atas 6,1 juta orang dewasa dan 3,3 juta anak-anak benar-benar dililit kelaparan. Sementara itu, pada tahun 1998, 10,5 juta rumah tangga di AS atau 31 juta orang tidak bisa memperoleh makanan dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka.[18] Jumlah orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan gizinya diperkirakan bertambah hingga 3%: dari 1,1 miliar pada tahun 1998 menjadi 1,3 miliar orang pada tahun 2008. Dua pertiga penduduk Afrika Sub-Sahara dan 40% penduduk Asia akan mengalami kekurangan pangan pada tahun 2008.[19]

Setiap hari sebelas ribu anak mati kelaparan di seluruh dunia, sedangkan 200 juta anak menderita kekurangan gizi dan protein serta kalori. Lebih dari 800 juta menderita kelaparan di seluruh dunia dan 70% di antara mereka adalah wanita dan anak-anak.[20] Kesimpulannya, sistem ekonomi global yang diwakili lembaga seperti IMF membunuh umat manusia bukan dengan peluru atau rudal, melainkan dengan wabah kelaparan.[21] Dari semua data itu, semakin jelaslah bagi kita bahwa peradaban dunia yang dibangun di atas sistem ekonomi berbasis riba ternyata tidak menjadi seperti gambaran yang dijanjikan kapitalisme, yaitu kemakmuran atau kesejahteraan bagi semua. Justru yang terjadi adalah kebalikannya dan seperti yang ingin dicegah Islam sejak awal, yaitu kekayaan yang tidak terdistribusi dengan baik dan merata.

Kemunculan Sistem Ekonomi Syariah Melalui Lembaga Keuangan Syariah
Dalam konteks yang lebih luas, sistem keuangan syariah/Islam menghadapi tantangan karena dirancang sebagai pilihan lain dari sistem keuangan konvensional yang bersandar pada prinsip yang berbeda. Ia selalu dihadapkan pada pilihan produk yang terbatas, bahkan cenderung selalu mengikuti produk keuangan yang sudah dibentuk sistem konvensional. Oleh karena itu, lembaga keuangan syariah perlu terus melakukan inovasi dan meningkatkan kapasitasnya. Dalam hal tertentu, keterbatasan itu dapat menjadi belenggu yang harus segera dihilangkan. Misalnya, ketika keadaan keuangan global membuat banyak lembaga keuangan konvensional yang berguguran, lembaga keuangan syariah harus mampu menunjukkan keunggulan dalam ketahanan terhadap krisis dan menanggung kerugian (risk sharing, bukan hanya profit sharing). Hal itu sangat mungkin akan memengaruhi perkembangan sistem keuangan di seluruh dunia.

Di Eropa, Inggris menjadi negara terdepan yang membuat UU bagi sistem perbankan Islam dengan menghapus kewajiban perizinan ganda yang sebelumnya mempersulit kepemilikan barang yang sesuai dengan prinsip Islam. Pemerintah Inggris pun meninjau ulang UU lainnya agar lebih nyaman bagi pembentukan dan penawaran produk perbankan Islam sehingga dapat memberi jalan bagi perbankan Eropa meneruskan perhatian mereka pada pangsa pasar ini.

Pada 2005, Lloyds TSB meluncurkan produk jasa dengan sistem syariah bagi konsumen muslim meskipun produk itu hanya terbatas pada hal-hal tertentu sehingga dianggap tidak mampu bersaing dengan produk jasa sistem konvensional yang ada di Inggris. Itu adalah produk besar pertama dari perbankan Eropa di pasar ini dan telah mendorong bank-bank lain untuk mengevaluasi strategi mereka dengan berupaya lebih jauh terlibat di pasar baru ini.

Ketika pasar perbankan Islam mulai tumbuh, muncul pula kebutuhan akan sistem teknologi informasi yang dapat mengakomodasi produk inovasinya dan memberi kemudahan bagi konsumen dari sisi biaya sehingga produk perbankan Islam mudah diterima. Saat ini belum ada teknologi informasi yang seragam bagi pengembangan produk baru perbankan syariah. Akibatnya, penggunaan sistem yang telah ada sebetulnya tidak begitu diperlukan dalam produk syariah sehingga produk syariah pun tidak dapat berkembang.

Perbankan konvensional banyak memakai teknologi informasi yang canggih. Seharusnya, perbankan syariah pun meningkatkan daya saingnya agar dapat memastikan kemudahan perbankan syariah masuk ke pasar yang lebih luas dan menguntungkan. Saat ini sudah banyak bank konvensional yang berupaya meningkatkan kapasitas mereka dengan membuka sistem syariah dengan brand yang sama karena ingin menangkap peluang pasar muslim. Pada saat mereka masih kesulitan dalam mengadopsi sistem syariah itu, potensi pengembalian yang besar dan meningkatnya jumlah konsumen dari para muslim ini pastinya akan menutup semua pembiayaan dan transaksi yang sudah mereka lakukan. Jika hal itu tidak segera diantisipasi perbankan syariah dengan inovasi dan inisiasi yang cepat, boleh jadi ceruk pasar mereka akan semakin kecil karena perbankan konvensional dapat masuk ke pangsa pasar muslim, sedangkan perbankan syariah tidak mungkin masuk ke pangsa pasar konvensional.

Komposisi Pembiayaan
Di Indonesia, jumlah lembaga keuangan syariah terus bertambah. Data terakhir yang diperoleh dari Statistik Perbankan Syariah yang dikeluarkan Bank Indonesia, Oktober 2009, menyebutkan bahwa kini sudah enam bank umum syariah terbentuk, 25 (bank umum yang memiliki) unit usaha syariah, dan 138 bank pembiayaan rakyat syariah dengan jumlah pegawai seluruhnya mencapai  hampir 21 ribu orang. Kecenderungan menunjukkan adanya peningkatan terus meskipun hanya sedikit sekali peningkatannya.

Jika dilihat dari keuntungan yang diperoleh lembaga keuangan syariah per Oktober 2009,  bank umum syariah dan unit usaha syariah (BUS-UUS) mencatat keuntungan tahun berjalan setelah taksiran pajak penghasilan sebesar 558 miliar rupiah, sedangkan untuk bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) sebesar 47, 561 miliar rupiah. Total keuntungan lembaga keuangan syariah di Indonesia baru mencapai 605,561 miliar rupiah. Jumlah itu masih sangat sedikit sebagai keuntungan 163 lembaga keuangan syariah yang ada di Indonesia dalam berbagai bentuknya. Adapun dana pihak ketiga yang berhasil dikumpulkan BUS-UUS adalah 46,5 triliun rupiah, sedangkan BPRS sekitar 1,2 triliun rupiah. Total hanya 47,7 triliun rupiah. Sekitar 45,246 triliun rupiah dana BUS-UUS telah disalurkan dalam berbagai bentuk akad: 51,3% di antaranya untuk modal kerja, 21,3% untuk investasi, dan 27,4% untuk konsumsi. Sekitar 33,5 triliun rupiah untuk usaha kecil-menengah (UKM) dan sekitar 11,75 triliun rupiah di antaranya untuk usaha besar. Persentase Non-Performance Financing (NPF)-nya sebesar 5,51% dari 45,246 triliun rupiah. NPF terbesar terjadi pada pembiayaan modal kerja, 49,9% dan paling banyak pada UKM.

Di sisi lain, sekitar 1,55 triliun dana BPRS telah disalurkan dalam berbagai bentuk akad: 50,52% untuk modal kerja, 11,77% untuk investasi, dan 37,70% untuk konsumsi. Sekitar 838,26 miliar rupiah disalurkan ke UKM dan sekitar 708,60 miliar ke usaha besar. NPF-nya sebesar 7,74% dari 1,55 triliun rupiah. NPF terbesar terjadi pada pembiayaan modal kerja, 64% dan paling banyak pada UKM.

Jadi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebagian besar pembiayaan yang dilakukan BUS-UUS atau BPRS masih berupa produk yang tidak jauh berbeda dengan produk yang dikeluarkan lembaga keuangan konvensional. Oleh karena itu, tidak aneh kalau proporsi pembiayaan yang diperoleh (keuntungan atau kerugiannya), boleh dikatakan, masih sangat kecil.

Bahkan, untuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah (microfinance), masyarakat masih lebih banyak memakai jasa keuangan yang berbasis riba. Dalam banyak kesempatan, mereka berani menawarkan jasa yang tidak berbelit-belit. Sudah banyak di tengah masyarakat lembaga keuangan berbasis riba yang mempromosikan dirinya dengan “Anda butuh uang segera? Satu Jam Cair” tanpa persyaratan yang sulit. Di Bangladesh yang masyarakatnya mayoritas muslim, justru lembaga keuangan mikro Grameen Bank berkembang pesat karena berani mengambil risiko dan melakukan inovasi dalam pembiayaan mikro. Kecenderungan yang terjadi pada lembaga keuangan syariah adalah mengikuti cara-cara lembaga keuangan konvensional dalam menjual produk atau mempromosikan jasa pembiayaan. Perbedaannya hanya: yang satu “bunganya” ditentukan tetap sejak awal, satu lagi ditentukan berdasarkan pada perkembangan tingkat bunga di pasar. Jadi, lembaga keuangan syariah masih perlu membenahi diri untuk menarik konsumen, tidak hanya dari kalangan muslim.

Segmentasi Konsumen dalam Perbankan Islam
Mengembangkan keuangan unit syariah tidaklah mudah dengan begitu banyaknya bentuk yang ada. Sebelum ke arah sana, pertama kali perlu untuk memberikan pemahaman kepada konsumen tentang alasan dasar produk yang dibuat dan penyesuaian dengan kebutuhan mereka. Di Eropa yang tidak satu pun produk dapat diterapkan di tempat atau waktu yang berbeda, pengembangan produk perlu terus-menerus dilakukan. Begitu pula dalam upaya mengembangkan perbankan Islam yang konsumennya sangat beragam dan memerlukan pelayanan sebaik citra yang diusung syariah.

Dalam kaitannya dengan produk, kunci diferensiasi antara konsumen perbankan Islam adalah penafsiran tentang sesuatu yang dapat diterima sebagai bagian dari syariah. Skalanya boleh jadi terpisah antara konsumen yang lebih tradisional dan konservatif di satu sisi dan konsumen yang memang mencari produk perbankan syariah di sisi yang lain. Konsumen tertentu bersedia membayar untuk mendapatkan pelayanan premium bagi produk syariah, sedangkan konsumen lain mungkin lebih tertarik pada produk yang mereka tahu hanya "setengah syariah" tetapi menawarkan tingkat pembagian yang lebih baik. Untuk sampai ke sana, diperlukan perencanaan target konsumen yang benar-benar paham sehingga hasilnya akan baik di sisi biaya dan keuntungan.

Sebagai tambahan, pelayanan tetap diperlukan karena merupakan wilayah lain yang akan menentukan segmentasi konsumen. Karakteristik, seperti usia konsumen, tingkat pendidikan, gaya hidup, dan hubungan sosial yang diinginkan dengan bank, misalnya, akan menentukan kelebihan bank Islam dari bank lain. Perbaikan ke arah sana adalah kunci penting dalam menentukan proporsi dan membedakan bank dari yang lain yang menawarkan produk syariah yang sama.

Misalnya, di Inggris, semangat dan budaya masyarakat untuk berhubungan dengan bank sudah sampai pada titik jenuh dan tentu diperlukan penyesuaian dalam pelayanan yang selama ini lebih banyak meminggirkan pengusaha kecil yang tidak lagi memiliki tabungan di bank setempat. The Cruikshank Report yang diterbitkan pada 2000 menekankan miskinnya pelayanan yang diberikan bank tradisional di Inggris. Lebih jauh lagi, laporan itu menegaskan tingginya biaya yang dikutip bank tradisional atas klien mereka karena adanya struktur kartel dan mempersulit klien untuk berpindah bank. Terbitan terakhir menunjukkan bahwa bank-bank besar tidak berusaha mengubah hal itu. Akibatnya, etos dan nilai yang ditawarkan bank Islam atas hal itu memberikan peluang dan nilai jual yang lebih bank Islam atas bank konvensional.

Pengenalan brand pun termasuk kunci penting yang akan membedakan segmen konsumen. Konsumen tertentu hanya mau berurusan dnegan bank terkenal yang memiliki sejarah kuat dan telah lama ada di dunia Islam, sedangkan konsumen lain mungkin lebih senang berurusan dengan bank brand Eropa dengan produk dan pelayanan yang cocok.

Bersamaan dengan munculnya banyak produk baru, penting untuk mengenalkan produk syariah ke pasar. Tentunya dengan memperhatikan segmen konsumen yang sudah paham sehingga produk, pelayanan, dan brand di balik produk itu dapat diterima pula. Hanya dengan cara itu bank dapat mengembangkan produk yang tepat sesuai dengan keinginan untuk mencpai target pemasukan modal.

Bagaimana dengan Masa Depan Perbankan Islam?
Dalam konteks yang lebih luas, keuangan Islam menghadapi tantangan yang menjadikannya bagian dari keuangan konvensional yang berdasarkan pada premis fundamental yang berbeda. Mungkin saja semua itu tantangan yang terbatas sifatnya sepanjang bank Islam mampu mengembangkan kapasitasnya dengan melakukan inovasi ke tengah pasar. Dalam hal itu, batasan itu dapat menjadi pagar yang harus didorong oleh keuangan Islam. Tentu dalam konteks kekinian, ketika lembaga keuangan banyak yang gagal, lembaga keuangan syariah (LKS) mungkin saja dapat menunjukkan kekuatannya dengan bentuk pembiayaan bersama dan risiko bersama. Inovasi itu memungkinkan LKS memengaruhi perkembangan sistem keuangan di dunia.

Sebagai contoh, bank-bank Eropa perlu bekerja sama dalam banyak aspek mengenai konsep perbankan Islam agar dapat menangkap pasar muslim. Prinsip-prinsip yang bertentangan dengan syariah yang perlu diperhatikan dalam pengembangan LKS:
* Bunga: pengenaan bunga dilarang karena dianggap sebagai bentuk eksploitasi yang tidak adil.
* Spekulasi:syariah tidak membolehkan spekulasi atau judi sehingga LKS tidak mungkin terlibat dalam pasar saham, perdagangan berjangka, atau pasar valuta.
* Investasi yang dilarang: ada beberapa investasi jenis investasi yang dilarang syariah, yaitu yang berkaitan dengan alkohol, babi, dan judi sehingga keuntungan yang diperoleh darinya dianggap tidak halal
* Ketidakpastian: tidak ada konsep ketidakpastian di dalam Islam sehingga investasi yang penuh ketidakpastian pun dilarang.

Oleh karena itu, LKS hanya boleh mengumpulkan uang dari kegiatan pokok perbankan, seperti tabungan nasabah, yang berada dalam pengawasan syariah secara ketat sehingga dapat digunakan sepenuhnya. Selain itu, produk yang lazim dalam LKS adalah mudarabah, murabahah, ijarah, salam, dan sukuk.



Tujuan Ekonomi Islam
Uang dan sistem perbankan seharusnya, seperti semua aspek lain dalam konsep Islam sebagai cara hidup, dibentuk untuk meningkatkan tujuan sosial dan ekonomi umat (manusia). Sistem yang dibentuk itu pun harus terus dapat berfungsi menjalin cara kerjanya yang khas dengan sistem perbankan yang sudah ada saat ini. Secara umum, beberapa tujuan sistem ekonomi Islam adalah seperti berikut ini:
  1. membangun sistem ekonomi hingga meluas dengan penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi
  2. kestabilan nilai mata uang agar alat tukar itu menjadi alat yang dapat diandalkan dan memiliki nilai yang stabil
3.      Pembagian yang adil perlu dipastikan dalam semua bentuk investasi dan proyek pembangunan.
4.      Pelayanan yang lebih baik pada semua produk dan jasa yang biasa dilakukan sistem perbankan lainnya.
5.      Keadilan sosial dalam distribusi pendapatan dan kekayaan.

Beberapa Aspek dalam Sistem Keuangan Tanpa Riba dan Manfaatnya
Sistem perbankan adalah suatu keharusan bagi perkembangan ekonomi atau untuk menjaga kestabilan. Fungsi utama bank adalah menyalurkan modal bagi dunia usaha dan industri agar tercapai kemakmuran ekonomi. Namun, dalam perspektif Islam, penyaluran modal dalam bentuk pinjaman itu harus dilakukan tanpa bunga dan karena itu lebih bersifat risk taker, bukan risk averter. Dari situlah muncul konsep ekonomi Islam, khususnya sistem perbankan tanpa bunga yang diharapkan dapat mengganti peran sistem yang ada dan mengubahnya menjadi lebih efisien.

Sistem ini lebih mengandalkan keuntungan. Konsep dasar sistem ini berasal dari Arab, yaitu mudharabah, yang menjadikan pemilik modal dan pelaksana usaha berada dalam risiko yang sama dalam keuntungan atau kerugian. Keuntungan yang diperoleh adalah pengganti bunga. Namun, mungkin saja muncul pertanyaan, bagaimana bank mendapatkan modal untuk disalurkan jika bank tidak membayar bunga atas tabungan atau pemilik modal. Bank akan mendapatkan modal yang cukup untuk disalurkan karena, dalam pandangan ekonomi Islam, ada sistem segitiga yang masing-masing memberi keuntungan (tidak) kepada yang lain dalam kemitraan usaha mereka. Ketiganya adalah bank, pemberi dana, pemakai/peminjam. Dari situ jelaslah bahwa semua pihak berada dalam kedudukan yang sama mengenai risiko yang akan mereka hadapi.

Setelah itu, kita mungkin bersimpulan mengapa harus ada bank? Tanpa bank, berarti kita dapat meraih keuntungan lebih besar hanya dengan melibatkan pemilik modal dan peminjam disertai aturan yang dibuat bank sentral. Pemberi modal menjadi pelaksana modal yang tidak tertarik kecuali pada keuntungan. Namun, alasan utamanya adalah kebutuhan bagi pelayanan perbankan dengan mempelajari surat aplikasi peminjam dan dengan itu keluarlah kredit yang menawarkan investasi portofolio bagi pemilik modal dan menggerakkan perdagangan yang memang tidak dapat dihindari.

Ekonomi Islam, Pilihan Lain
Bisnis keuangan dalam ekonomi Islam memiliki orientasi pemerataan, yaitu pemberi modal turut menangguk keuntungan atau menanggung kerugian dari usaha yang dijalankan. Hal itu tidak hanya membagi hasil yang sama antara pemodal dan pelaksana usaha, tetapi juga turut mengurangi risiko secara efisien. Oleh karena itu, orientasi pemerataan dalam ekonomi Islam harus berupa kebersamaan dalam saham seperti pada perusahaan atau kebersamaan dalam usaha seperti dalam kemitraan atau dalam kebersamaan dalam jangka waktu tertentu seperti pada peminjaman modal. Oleh karena dasarnya adalah keuntungan dan kerugian ditanggung bersama, bukan bunga, peminjaman modal pun berupa kebersamaan permodalan dalam jangka waktu tertentu dan berakhir sesuai dengan yang disepakati. Permodalan seperti itu tidak memiliki makna yang sama seperti dalam ekonomi kapitalis yang tidak ikut menikmati aset usaha.

Hal itu mungkin terjadi pada peminjaman modal berbasis bunga yang membuat pemberi modal lebih hati-hati dalam menilai prospek usaha dan hati-hati pula dalam menyediakan modal. Selain itu, sulit menemukan pembiayaan jangka menengah dan panjang dalam ekonomi Islam tanpa pembagian kepemilikan dan pengawasan usaha. Pengembangan usaha pun akhirnya berkaitan pula dengan pembagian kepemilikan dan pengawasan. Tidak mungkin bagi siapa pun mendapat penghasilan dari tabungan tanpa bersedia menanggung risiko usaha. Dengan demikian, pengendalian risiko lebih terjaga dalam sistem ekonomi Islam.

Sistem ekonomi Islam adalah sistem yang selalu mendahulukan penyediaan lapangan kerja. Selain itu, Islam pun melarang keinginan mengonsumsi yang berlebihan. Dengan dua alasan itu, peminjaman modal untuk konsumsi bukanlah isu besar dalam sistem ekonomi Islam, tetapi jika ada satu keluarga atau seseorang ditemukan dalam keadaan membutuhkan sesuatu, ada konsep zakat di dalam Islam yang akan menyelesaikannya. Secara umum, zakat adalah potongan 2,5% dari aset tetap yang dibayarkan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan orang yang memerlukan dan ia menjadi kewajiban agama bagi setiap muslim yang hartanya berlebih.

Keberatan atas ekonomi tanpa bunga adalah kesulitan yang akan dihadapi pemerintah untuk membiayai kekurangan anggaran yang biasanya ditutup melalui pinjaman ke sektor swasta. Anggaran pemerintah yang dikurangi adalah tujuan utama memupuk pertumbuhan dan meningkatkan standar hidup rakyat. Bagaimana mungkin anggaran pemerintah yang kurang dapat dibiayai kalau bunga dihilangkan?

Sayangnya, para ekonom muslim menyatakan seharusnya pemerintah lebih giat bekerja dalam menefisienkan pengeluaran mereka. Jika terjadi defisit, pemerintah seharusnya mengkaji ulang kebijakan fiskalnya atau meminjam dari bank sentral (BI). Namun, ada teori lain, Islam jarang berbicara tentang bahwa standar hidup rakyat adalah kewajiban negara. Islam lebih menekankan bahwa pengeluaran untuk meningkatkan standar hidup rakyat seharusnya diemban sektor swasta melalui pengelolaan zakat secara optimal.

Simpulan: Tantangan bagi Sistem Perbankan Islam
Perbankan Islam tentu menemukan banyak tantangan saat ini karena kini kita hidup di zaman ketika ekonomi dikendalikan dan dimanipulasi dalam sistem riba. Dalam ekonomi pasar, sektor perbankan didukung dan diatur bank sentral. Misalnya dalam potongan sukubunga pinjaman dari bank sentral ke bank komersial saat dibutuhkan. Selain itu, bank sentral mengatur bank komersial sehingga membantu upaya penyehatannya (ketika “sakit”).

Sayangnya, perbankan Islam belum mendapatkan keistimewaan seperti itu karena banyak negara yang bank sentralnya menggerakkan ekonomi pasar tidak memberikan dukungan kepada bank Islam karena menolak teori bunga yang tidak mungkin baginya bekerja sama atau melakukan transaksi dengan bank sentral. Tentu hal itu membuat bank Islam berada dalam keadaan serba salah. Tidak seorang pun yang mau menyimpan atau menginvestasikan uang di bank yang tidak mendapat dukungan dari bank sentral atau bergerak sendiri. Pada akhirnya, hal itu memicu kurangnya likuiditas yang menjadi bagian penting keberadaan suatu bank.

Tantangan lain adalah ketiadaan aturan likuiditas, seperti jaminan dan sekuritas lainnya, yang dapat dipakai untuk menutupi kekurangan atau kelebihan likuiditas. Hal itu terjadi karena perbankan Islam bergerak dalam standard operasional procedure (SOP) yang berbeda dari bank sentral atau bank lain sehingga menimbulkan keengganan bagi bank sentral untuk memberi dukungan dan pengawasan kepada bank Islam saat terjadi kesenjangan likuiditas.

Jadi, memang mendirikan bank Islam di tengah ekonomi pasar pasti menemui kegagalan. Ia hanya dapat bertahan, bahkan berkembang, hanya dalam sistem ekonomi yang menghapus riba.

Gagasan tentang bank Islam memang sangat menarik dan menjadi keharusan jika dilihat dari tiga kitab suci karena dapat memberikan hasil berupa kemakmuran yang tidak terbatas, tetapi tidak mungkin berkembang di bawah sistem sekarang. Sistem ekonomi secara keseluruhan harus diubah agar kerangka ekonomi Islam dapat dipasang.

Ada beberapa hal dalam pemikiran ekonomi Islam yang perlu dikoreksi. Pertama, teori yang menyatakan bahwa pemberi modal tidak terkena risiko apa pun. Pada kenyataannya, kita selalu berhubungan dengn risiko dalam bentuk pembiayaan apa pun. Kedua, cara melihat keuntungan dari sudut pandang Islam, khususnya murabahah. Selama ini yang berlaku, jika seseorang memerlukan modal, bank akan memakai dana yang ada untuk membiayai usahanya dengan margin keuntungan yang sudah ditentukan di awal. Bentuk transaksi itu sebetulnya tidak dibenarkan para ekonom muslim karena Allah SWT telah mengharamkan riba dan menghalalkan jual beli. Transaksi seperti itu aneh dan masuk dalam kategori risiko yang tidak ditanggung bersama secara adil karena pemberi modal telah lebih dulu menentukan margin keuntungan yang harus dibayar peminjam. Tentu itu bukan termasuk jual beli yang halal. Sayangnya, bank-bank Islam banyak yang mengambil keuntungan dengan pemahaman yang salah itu dan seolah sengaja membangun propaganda dengan mengiklankan bahwa cara itu adalah benar dan sesuai dengan syariah. Itu sama saja dengan menarik dana dari masyarakat yang tidak paham syariah. Bahkan, bank Islam di Kuwait mematok margin keuntungan yang lebih tinggi dibanding bunga bank dan membenarkan tindakan itu dengan pemahaman yang salah.

Selain itu, ada beberapa perkara yang belum selesai, biaya yang ditentukan di awal justru tidak berdampak pada pemberdayaan? Bagaimana pemerintah dapat meminjam uang untuk menutup defisit anggaran? Bagaimana pula kita mengatasi krisis global? Tidak mungkin krisis akan terjadi dalam sistem ekonomi Islam, tetapi kini kita berada dalam sistem lain yang sebetulnya tidak cocok bagi pertumbuhan sistem ekonomi Islam. Oleh karena itu, kita tidak mungkin menyelesaikan krisis global dengan sistem ekonomi Islam. Tidak ada solusi Islam bagi masalah yang ditimbulkan sistem lain, kecuali sistem yang ada diganti seluruhnya.[22]

Jihad Iqtishadi yang Bersinambungan
Barangkali masih banyak yang ragu dengan semua yang sudah ditulis tentang sistem ekonomi syariah: apa sebenarnya alasan paling dasar dari sistem ekonomi tanpa riba itu? Ketika sudah jelas terjadi ketidakseimbangan dan ketidakmerataan dalam distribusi kekayaan dari sistem konvensional, sebagian ada yang mengatakan bahwa kerugian yang diderita salah satu pihak adalah akibat dari pilihannya. Jika ia memang berani mengambil risiko besar, apa urusan syariah dengan pilihannya itu?

Ada satu penjelasan sederhana yang dapat menjawab pertanyaan itu. Di dalam syariah, kerja sama dua pihak yang sudah disepakati tidak berarti kesepakatan itu dalam membenarkan semua usaha yang dilakukan. Misalnya, ada seseorang ingin membeli pisau dari orang lain (penjual) dengan kesepakatan bahwa pembeli akan menggunakan pisau itu untuk membunuh, tentu kesepakatan itu tidak dapat dibenarkan secara syariah. Dalam hal itu, penjual memiliki tanggung jawab moral untuk mencegah terjadinya kesepakatan di antara mereka, misalnya, dengan tidak menjual pisau itu kepada pembeli. Bahkan kesepakatan yang terjadi meskipun untuk urusan yang dianggap sebagai hak/pilihan pribadi dalam budaya Barat, kesepakatan seperti itu tetap tidak dapat dibenarkan secara syariah. Intinya, alasan paling dasar pentingnya distribusi kekayaan dan kesejahteraan ekonomi dalam sistem ekonomi syariah memiliki jangkauan yang jauh lebih luas.

Alquran menegaskan bahwa kekayaan yang dimiliki seseorang pada hakikatnya adalah milik Allah SWT yang dititipkan kepadanya (dalam konteks, Allah SWT memberikan kehormatan amanah kepadanya) agar kekayaan itu tidak hanya ia nikmati sendiri. Ia bertanggung jawab untuk mendistribusikannya kepada orang-orang yang memang menjadi pihak yang ditentukan syariah berhak mendapatkan sebagian kekayaan yang ada padanya. Oleh karena itu, dalam setiap aspek kehidupan manusia selalu ada tanggung jawab yang melekat pada dirinya untuk menunjukkan bahwa ia telah menjalankan amanah Allah SWT dengan baik. Itulah alasan paling dasar (raison d’etre) di balik pelarangan sistem riba. Jadi, bukan sekadar menghapus bunga, melainkan menjadi penjaga bagi kemungkinan terjadinya kesepakatan ekonomi yang tidak sesuai dengan tujuan utama syariah, terutama diawali dengan tidak terdistribusikan dan tidak meratanya kekayaan di antara manusia.

Itu pula yang menjadi dasar bagi Rasulullah SAW melarang membeli barang sebelum sampai di pasar, membeli barang melalui perantara saat terjadi kelaparan, menukar hasil panen yang belum memasuki masa panen dengan yang sudah masuk masa panen, menukar buah yang masih di pohon dengan buah yang sudah dipanen, dan/atau menentukan jumlah hasil panen dari lahan yang disewakan yang semua itu dilakukan secara sepihak meskipun kemudian disepakati pihak kedua. Dalam hal itu, kesepakatan yang terjadi di antara kedua pihak tidak dapat menjadi alasan bagi pembenaran atas transaksi yang dilakukan untuk menguntungkan salah satu pihak.

Pada masa awal Islam, kerancuan seperti itu menjadi alasan bagi penentang riba,
Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba.” (QS Al Baqarah [2]: 275).

Alquranul Karim menolak argumentasi mereka itu dengan jawaban,
Sesungguhnya Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS Al Baqarah [2]: 275)

Jawaban Allah SWT itu memang bukan berupa pilihan prinsip lain atau tujuan dilarangnya riba, melainkan dengan larangan semata sehingga manusia sudah seharusnya menjalaninya tanpa harus memahami alasannya. Pelarangan itu menunjukkan otoritas Allah SWT dalam memotong semua akar yang menjadi alasan menolak sistem riba.

Pendeknya, untuk zaman sekarang, pelarangan sistem riba adalah jawaban paling bijak di untuk menghancurkan kejahatan riba dalam sistem ekonomi kapitalisme atau kejahatan sistem ekonomi tirani dan menolak pasar dalam sosialisme. Inilah jalan tengah yang dapat menyelamatkan dunia modern dari dua kutub ekstrem sistem ekonomi yang tidak adil seperti pengakuan orientalis Perancis, Louis Massignon,

Dalam pertentangan antara kapitalisme dan sosialisme, hanya ada satu budaya yang mampu menjanjikan masa depan yang selamat dan terang, yaitu budaya yang melarang riba dan mampu menjadikan manusia sebagai pengikutnya.

Aturan kehidupan berupa syariat mungkin masih sebuah pertanyaan besar bagi banyak orang. Masih banyak manusia yang tidak suka dengan syariat. Itu hak mereka karena mungkin syariat di benak mereka identik dengan tradisi kolot, usang, dan kejam. Intinya, sangat tidak metroseksual dan tidak kosmopolitan. Namun, cobalah melihat syariat lebih luas dari sekadar memotong tangan pencuri, merajam pezina, dan memancung kepala pembunuh. Cobalah lihat sisi syariat yang lebih lembut. Syariat yang lebih manusiawi dan menjaga hak masyarakat. Syariat sebagai local genius yang bersifat global, sebagai sarana mewujudkan keseimbangan alam yang menjadi tempat hidup kita bersama. Toh, penerapan syariat tidak mengharuskan semua manusia di muka bumi menjadi umat muslim. Menjadi muslim dalam menjalani syariat hanyalah jaminan bahwa ada ganjaran surga di akhirat nanti. Tidak meyakini adanya akhirat tidak harus menjadi penghalang dalam menjalani syariat bagi mereka yang memang menolak meyakininya karena syariat dalam pengertian yang luas, seperti yang dijelaskan dalam kitab-kitab ushul fiqh. Paling penting adalah menjalani nilai-nilai yang ada di dalamnya demi kepentingan semua umat manusia. Toh, pada kenyataannya semua sistem yang pernah dipakai manusia terbukti gagal dalam mengembalikan manusia pada tempatnya yang mulia.

Peradaban modern tidak mampu mengendalikan naluri manusia, menjinakkan semangat hewani yang bercokol di dalam tubuh manusia, dan memadamkan semangat mementingkan diri sendiri agar manusia yang satu mencintai manusia yang lain. Lebih dari itu, peradaban modern pun telah gagal memupuk pengertian kepada umat manusia mengenai eksistensi (keberadaan) Allah dan tidak berhasil menegakkan hubungan antara manusia dan Tuhannya secara sehat dan benar.[23]

Syariat pada dasarnya adalah aturan yang tidak khusus bagi kaum muslim karena meliputi semua aspek kehidupan manusia. Dalam hal-hal tertentu, memang pemberlakuannya khusus bagi mereka. Namun, dalam banyak hal lain yang diaturnya, syariat bersifat akomodatif sekali. Kaidah-kaidah yang ada dalam ushul fiqih menyebutkan, syariat berfungsi sebagai rahmat bagi seluruh alam seperti diutusnya Nabi Muhammad Saw. Ushul Fiqh menjabarkan ada lima hal dasar yang menjadi tujuan syariat: pemeliharaan (kebebasan) beragama, pemeliharaan jiwa, pemeliharaan akal, pemeliharaan keturunan, dan pemeliharaan harta. Semua pemeliharaan itu tidak khusus bagi kaum muslim, tetapi bagi semua manusia.[24] Jadi, jangan dimaknai jika syariat diberlakukan, berarti semua manusia harus menjadi muslim dan berlaku hukumnya atas mereka.

Setelah itu, kelima hal dasar tadi masih dibagi lagi dalam tingkatan, yaitu dharuriyat, hajiyyat, dan tahsinat/kamaliyyat, sehingga pelaksanaan syariat menjadi sangat luwes bergantung pada keadaan zaman dan tempat.

Tujuan dari semua itu adalah ingin membentuk masyarakat yang memiliki kesadaran akan kesucian jiwa, semangat menegakkan keadilan, dan memberikan maslahat bagi semua manusia, bahkan makhluk. Sederhananya, jika orang-orang di Taiwan dan Hong Kong (notabene bukan muslim) dengan senang hati menjalankan syariat dari sisi ekonomi karena melihat adanya manfaat yang besar dan tidak merusak, bukankah sebagai muslim kita lebih berhak, bahkan berkewajiban, untuk melakukannya? Bukankah hal itu lebih mendorong pada keberlangsungan lajunya “perahu umat manusia”, yaitu keseimbangan alam, mulai dari sisi ekonomi. Ketika semua itu berjalan seperti yang diinginkan syariat, mereka akan melihat keindahan syariah. Insya Allah.

Ketika mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. Tatkala Allah Allah SWT menyelamatkan mereka sampai di daratan, sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. Tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar.” (QS Luqman [31]: 32)





[1] Perjanjian pembiayaan/penanaman dana dari pemilik dana (shahibul maal) kepada pengelola dana (mudharib) untuk melakukan kegiatan usaha tertentu yang sesuai dengan syariah dengan pembagian hasil usaha di antara kedua belah pihak berdasarkan pada nisbah yang telah disepakati sebelumnya.
[2] Perjanjian pembiayaan/penanaman dana dari dua dan/atau lebih pemilik dana/barang untuk menjalankan usaha tertentu sesuai dengan syariah dengan pembagian hasil usaha di antara mereka berdasarkan pada nisbah yang disepakati, sedangkan tanggungan kerugian berdasarkan proporsi modal masing-masing.
[3] Robert Wade, The London School of Economics, The Economist, 2001.
[4] Kevin Watkins, International Herald Tribune, 2001.
[5] Merril Lynch-Cap Gemini, 2001.
[6] The United Nations Human Development Report, 1999.
[7] Idem, 1999.
[8] Robert Kaplan, The Atlantic Monthly, 1997.
[9] Institute for Policy Studies, Top 200: The Rise of Corporate Global Power, 2000.
[10] Idem.
[11] RAFI (Rural Advancement Foundation International), The ETC Century, 2001.
[12] Shukor Rahman. Straits of Malaysia Times, 2001.
[13] Idem.
[14] United Nations Food and Agriculture Organization, 1994.
[15] Idem, 1998.
[16] Institute for Food and Development Policy, Backgrounder, Spring 1998.
[17] Shukor Rahman. New Straits of Malaysia Times, 2001.
[18] US Departement of Agriculture, Food Insecurity Report, 1999.
[19] Idem.
[20] Shukor Rahman. World Food Program, New Staits of Malaysia Times, 2001.
[21] Carlos Andres Perez, Mantan Presiden Venezuela. The Ecologist Report, Globalizing Poverty, 2000.
[22] Tariq Talib Al-Anjari, “Islamic Economics and Banking on Riba”.
[23] Syaikh Muhammad al Ghazali, ulama besar Mesir.
[24] Adanya hukum memotong tangan pencuri, merajam pezina, atau memancung kepala pembunuh sebenarnya adalah tindakan koersif untuk memelihara semua manusia. Namun, selain itu, syariat Islam sebenarnya lebih menekankan tindakan preventif atau pemaafan dari pihak korban jika tindakan kriminal terlanjur terjadi.


123 komentar:

  1. Bgmn ya, hubungan ekonomi Islam dengan jihad yang sesungguhnya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. INILAH KISAH NYATA SAYA . . . . . . .DENGAN SOLUSI CEPAT KAYA
      BAYAR HUTANG DENGAN CEPAT SUKSES DAN PUNYA USAHA SENDIRI
      MOMENT BERSEJARAH BUAT HIDUP SAYA DAN KELUARGA
      Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara indonesia saya di panggung ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya sejak bulan Mei 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
      Nama saya Y Sigit Wijatmaka, islam dalam agama dan saya berasal dari kota Serang indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
      Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya seorang pemasar dan juga seorang penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua hal di platform ini yang yang membutuhkan dan mencari dana dengan cepat yang tulus.
      Saya dan istri saya dapat Anda lihat di foto profil saya berada dalam hutang yang sangat besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman secara cepat dan instan tanpa resiko untuk melunasi hutang dan kami menghubungi KI JAMBRONG untuk mengajukan pinjaman dari PENARIKAN DANA GAIB yang pada bulan MEI 2017 yang lalu,
      INILAH KISAH PAHIT SAYA . . . .ATAU BISA DIBILANG DALAM SEJARAH HIDUP SAYA YANG KELAM
      kami ditipu oleh pemilik PERUSAHAAN dengan meminta kami membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjamannya, kami kehilangan sekitar 55 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan saya dan istri saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan .

      AWAL TITIK BALIK KEHIDUPAN SAYA. . . .BISA DIBILANG INILAH KISAH HIDUP SUKSES SAYA

      Jadi, Tuhan sangat baik hati, kami berdoa agar Tuhan mengarahkan kami ke seorang yang bisa membantu keadaan dan ke uangan kami,pada hari yang bersejarah dalam hidup saya tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017, saya sedang browsing internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita indonesia dengan nama Novi Setyaningsih dengan alamat facebook/email setyaningsihnovi@yahoo.com
      yang berasal dari kota megalang, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui KI JAMBRONG dengan pinjaman DANA GAIB dia meminta saya untuk menghubungi KI JAMBRONG dan dia mengenalkan saya kepada KI JAMBRONG dan dia memberi saya keberanian UNTUK mengajukan pinjaman dari KI JAMBRONG dan saya pun menghubungi beliau dengan NOMOR 0853-1712-1219
      dan SAYA mendapat pinjaman dari KI JAMBRONG sebesar 5 MILYAR yang merupakan pemilik PADEPOKAN . PENARIKAN DANA GAIB yang kemudian mengubah hidup saya sebelumnya yang di hina dan tidak dihargai oleh orang ,sekarang saya sudah berkecukupan dan mapan sebagai 1 keluarga punya usaha sendiri dan MOBIL PRIBADI kemudian untuk informasi lebih lanjut tentang KI JAMBRONG bisa MENGHUBUNGI = 0853-1712-1219 BELIAU benar-benar membantu kehidupan saya pinjaman dari DANA GAIB benar-benar mengubah hidup saya TERIMA KASIH KI JAMBRONG SEMOGA SEHAT SELALU
      akhirnya 5 Milyar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219.)

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Hapus
  2. Menarik sepertinya kalau diteliti dan dibuat tulisan tuh :)

    BalasHapus
  3. Ini ide untuk tesis Kang Aam nanti ya..
    Ma'annajaah

    BalasHapus
  4. Silakan kalau Pak Sugeng mau bahas di tesisnya :)

    BalasHapus
  5. Halo, saya Mrs Joyce, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: joycemeyerloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  6. Halo semua,
    Saya Ibu Sandra Ovia, uang pemberi pinjaman pribadi, Apakah Anda di kredit buruk? Apakah standar keuangan Anda perlu perbaikan? Aku mengoperasikan terdaftar dan disetujui pemerintah lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu untuk tingkat bunga 2%. Aku memberikan pinjaman lokal dan internasional untuk setiap tubuh membutuhkan pinjaman, dan yang bersedia untuk membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau bank cek bersertifikat untuk apa yang pernah negara Anda. Saya tidak bank dan saya tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami. Anda dapat menghubungi kami melalui sandraovialoanfirm@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  7. Hai semua,

              Saya ibu Sandra ovia, pemberi pinjaman wang swasta, Adakah anda
    Kredit yang buruk? Apa yang perlu anda meningkatkan taraf kewangan? saya ialah
    didaftarkan dan diluluskan oleh kerajaan untuk mengendalikan institusi kewangan.

    Saya memberikan pinjaman kepada syarikat-syarikat dan individu untuk
    Kadar faedah pada 2%. Saya memberi pinjaman kepada tempatan dan antarabangsa
    kepada semua orang yang memerlukan pinjaman, dan yang sanggup
    membayar balik pinjaman, di seluruh dunia. saya beri
    pinjaman melalui pemindahan akaun atau cek bank yang disahkan
    untuk apa yang pernah bank di negara anda menerima.

      Ia tidak memerlukan banyak kertas kerja. Jika anda berminat untuk mendapatkan
    pinjaman dari syarikat kami. Anda boleh menghubungi kami melalui
    sandraovialoanfirm@gmail.com

    Terima kasih
    Firma Sandra Ovia Pinjaman
    Ibu Sandra Ovia

    BalasHapus
  8. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  9. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    BalasHapus
  10. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    BalasHapus
  11. Saya sangat senang dan memutuskan untuk berbagi kebahagiaan saya dengan Anda semua, saya dan keluarga saya telah diberkati oleh Tuhan menggunakan Sandra Ovia Loan Firm, saya mengajukan pinjaman satu minggu lalu dan saya mendapat pinjaman disetujui Jumat lalu dan hari ini saya punya saya pinjaman senilai Rp900,000,000.00 ditransfer ke rekening bank saya, saya sarankan Sandra Ovia Pinjaman Firm sebagai yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
    Jika Anda membutuhkan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email-widyaokta750@gmail.com
    Anda dapat menghubungi firm pinjaman langsung pada mereka
    Email-sandraovialoanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Widya Okta

    BalasHapus
  12. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    BalasHapus
  13. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah

    BalasHapus
  14. Halo, saya mrs Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  15. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM.

    BalasHapus
  16. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  17. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    BalasHapus
  18. Apakah Anda perlu mendesak pinjaman kredit keuangan? * Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah uang di rekening bank Anda * suku bunga rendah atau 2% * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang * Kondisi pinjaman fleksibel dan pembayaran bulanan * Pertandingan - Dapatkan Persetujuan - akun dikreditkan dengan Jumlah Pinjaman Dapatkan Persetujuan di 10 menit hanya menghubungi kami Email Theresaloancompany@gmail.com REQUEST untuk pinjaman ================= ==== = ==========
    Nama: ...................
    Nama kedua: ..................
    Kontak Alamat: .................
    Negara: ...................
    Usia: ..........................
    Seks: ....................
    Nomor telepon: ..............
    Status: .................
    Pendudukan: ...............
    Posisi: .................
    Gaji perbulan: ..............
    Jumlah pinjaman: .................
    Tujuan pinjaman: ...............
    Lamanya: ....................
    Apakah Anda toegepast untuk pinjaman sebelum: ............
    Anda berdiri di bawah bahasa Inggris: ..........
    Mohon mengisi dan mengirim formulir ke: Email Theresaloancompany@gmail.com Hormat,

    BalasHapus
  19. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    BalasHapus
  20. Saya Widaya, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM.

    Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya adalah semua pembohong, saya menghabiskan hampir 40 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi tracy morgan loan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email mereka yang sebenarnya: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. Hati-hatiSaya Widaya, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM.

    Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya adalah semua pembohong, saya menghabiskan hampir 40 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi tracy morgan loan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email mereka yang sebenarnya: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. Hati-hati

    BalasHapus
  21. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    BalasHapus
  22. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  23. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    BalasHapus
  24. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. saya sangat senang untuk membuat kesaksian tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu ini, saya telah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah bertanya kepada saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran saya, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Ghana, Inggris dan bahkan India. saya kesakitan karena utang saya, dan pembayaran yang saya dibayar lain untuk mendapatkan pinjaman membuat utang saya lebih besar. saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah salah satu yang mengatakan kepada saya tentang Esther Jones Lender dari Uni Emirat Arab, dan saya mengajukan pinjaman 230 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya pikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya langsung dalam waktu 2 hari menerapkan. saya telah membayar semua utang saya sekarang dan saya stabil secara finansial karena saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Esther Jones di Uni Email, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman yang nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur dalam Esther Jones dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda juga akan mendapatkan pinjaman Anda seperti saya dan frined saya. Anda memiliki bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Esther Jones sekarang di email mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman di estherjones.lenders@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya dapat memberikan informasi lebih lanjut
    Terima kasih Anda untuk membaca kesaksian saya dan Bantu saya bersyukur kepada Allah

    BalasHapus
  25. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com
    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams

    BalasHapus
  26. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya telah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang yang salah. Saya kesakitan karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang perusahaan pinjaman Theresa, dan saya mengajukan pinjaman sebesar $ 100.000 USD Aku mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya lakukan tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya langsung dalam waktu 24 jam menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi theresaloancompany di Uni E-mail, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman adalah nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di perusahaan pinjaman Theresa dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda juga akan mendapatkan pinjaman Anda seperti saya dan teman saya. Anda memiliki bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Theresa sekarang di email mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman theresaloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang feyzilfatma@gmail.com
    Terima kasih telah membaca kesaksian saya dan saya berterima kasih kepada Tuhan Bantuan

    BalasHapus
  27. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  28. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  29. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya telah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang yang salah. Saya kesakitan karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang perusahaan pinjaman Theresa, dan saya mengajukan pinjaman sebesar $ 100.000 USD Aku mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya lakukan tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya langsung dalam waktu 24 jam menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi theresaloancompany di Uni E-mail, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman adalah nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di perusahaan pinjaman Theresa dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda juga akan mendapatkan pinjaman Anda seperti saya dan teman saya. Anda memiliki bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Theresa sekarang di email mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman theresaloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang feyzilfatma@gmail.com
    Terima kasih telah membaca kesaksian saya dan saya berterima kasih kepada Tuhan Bantuan

    BalasHapus
  30. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya telah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang yang salah. Saya kesakitan karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang perusahaan pinjaman Theresa, dan saya mengajukan pinjaman sebesar $ 100.000 USD Aku mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya lakukan tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya langsung dalam waktu 24 jam menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi theresaloancompany di Uni E-mail, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman adalah nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di perusahaan pinjaman Theresa dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda juga akan mendapatkan pinjaman Anda seperti saya dan teman saya. Anda memiliki bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Theresa sekarang di email mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman theresaloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang feyzilfatma@gmail.com
    Terima kasih telah membaca kesaksian saya dan saya berterima kasih kepada Tuhan Bantuan

    BalasHapus
  31. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com

    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  32. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  33. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  34. Halo, nama saya adalah Mr Paul Green juga tahu pemberi pinjaman kredit yang sah, Kami menawarkan pinjaman dari kisaran $ 5000 sampai $ 6.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Kami memberikan pinjaman yang sah untuk individu yang serius atau perusahaan bisnis yang membutuhkan pinjaman. Kami adalah Badan Kredit terdaftar yang siap untuk memenuhi kebutuhan individu yang bercita-cita menjadi lebih besar di garis depan Pinjaman accumulation.Our modal yang ditawarkan dengan bunga bersubsidi yang menguntungkan bagi semua warga negara di India dan negara lain. Kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi needs.if keuangan Anda tertarik pada tawaran besar ini maka, Hubungi kami hari ini untuk pinjaman mendesak. Hubungi kami: paulloanfundshelp@hotmail.com

    KEBUTUHAN UNTUK PINJAMAN YANG
    1.Copy dari ID
    2,3 Bulan Bank Statement
    3.Prove Residence
    4.Banking rincian untuk menerima pinjaman.

    Setelah persyaratan ini disetorkan jumlah pinjaman akan ditransfer ke rincian perbankan yang Anda kirimkan kepada kami, daftar hitam ini disambut baik, anda telah ditolak oleh banyak perusahaan, Apakah Anda memiliki ide bisnis tapi tidak ada keuangan, Apakah Anda memiliki catatan kredit buruk , berlaku untuk rumah solusi untuk masalah Anda. menunggu tanggapan mendesak Anda untuk AD.or ini email kami di: paulloanfundshelp@hotmail.com
    Pinjaman pribadi
    Pinjaman Hari Bayar
    kendaraan Keuangan
    Kredit rumah
    Konseling hutang
    Kredit usaha
    Student Pinjaman
    Pinjaman konsolidasi
    Pinjaman medis
    Asuransi Jiwa / Properti juga tersedia.
    Hubungi kami hari ini di: paulloanfundshelp@hotmail.com

    BalasHapus
  35. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  36. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  37. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya telah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang yang salah. Saya kesakitan karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang perusahaan pinjaman Theresa, dan saya mengajukan pinjaman sebesar $ 100.000 USD Aku mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya lakukan tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya langsung dalam waktu 24 jam menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi theresaloancompany di Uni E-mail, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman adalah nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di perusahaan pinjaman Theresa dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda juga akan mendapatkan pinjaman Anda seperti saya dan teman saya. Anda memiliki bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Theresa sekarang di email mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman theresaloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang feyzilfatma@gmail.com
    Terima kasih telah membaca kesaksian saya dan saya berterima kasih kepada Tuhan Bantuan

    BalasHapus
  38. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya telah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang yang salah. Saya kesakitan karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang perusahaan pinjaman Theresa, dan saya mengajukan pinjaman sebesar $ 100.000 USD Aku mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya lakukan tidak akan mendapatkan pinjaman , tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya langsung dalam waktu 24 jam menerapkan. Saya telah membayar semua utang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi theresaloancompany di Uni E-mail, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman adalah nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di perusahaan pinjaman Theresa dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda juga akan mendapatkan pinjaman Anda seperti saya dan teman saya. Anda memiliki bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Theresa sekarang di email mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman theresaloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang feyzilfatma@gmail.com
    Terima kasih telah membaca kesaksian saya dan saya berterima kasih kepada Tuhan Bantuan

    BalasHapus
  39. Selamat siang

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang tertarik yang mencari pinjaman dengan itikad baik. Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak? maka Anda berada di tempat yang tepat. Kami memberikan pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pada jumlah minimum € 2,000.00 dengan jumlah maksimum € 40,000.000.00, hubungi kami untuk permintaan pinjaman di 2% suku bunga rendah untuk memenuhi permintaan Anda dan berangkat dari masalah, kontak keuangan kami hari ini via email: jsemkffloaninvestment@gmail.com

    Isi Out Informasi ini Berikut

    Nama lengkap:
    Negara:
    Nomor telepon:
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan:
    Alamat rumah:

    Terima kasih karena kami menunggu tanggapan Anda

    Jeff Michael perusahaan pinjaman.

    Pinjaman / Penyedia Keuangan.

    BalasHapus
  40. Hello am Mrs, Merit Hope, pemberi pinjaman kredit yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
    dalam syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000 euro dan pound saja. Aku memberikan pinjaman usaha,
    pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, kredit mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    perlu loana a
    Yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    Dalam: (merithope6@gmail.com)
    Tuhan memberkati Anda.
    Hormat kami,
    Mrs: jasa Harapan
    Email: (merithope6@gmail.com)

    Catatan: Semua respon harus dikirim ke: (merithope6@gmail.com)

    BalasHapus
  41. Anda Butuh pinjaman ... ..?

    Hubungi Mr Penny Bard, seorang pemberi pinjaman uang pribadi dan juga dalam manajemen real estat. Di sini datang tawaran pinjaman yang baik bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan pada tingkat yang rendah dari 3%. Dengan Peningkatan pinjaman Palang Merah, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal kepada semua krisis keuangan dan kesulitan. Kami memberikan pinjaman dari setiap jumlah. Kami melawan krisis keuangan dan memberikan ruang untuk masa depan yang cerah dalam masyarakat kita seperti yang kita lakukan bisnis kami Jika Anda tertarik Anda harus menunjukkan minat Anda dan kami akan membantu Anda dalam mengamankan pinjaman Anda.

    Terapkan dengan rincian.

    1. Nama Anda:
    2. Jumlah Dibutuhkan:
    3. negara Anda:
    4. Pinjaman Durasi:
    5. Alamat Anda:
    Nomor 6. Telepon:
    7. Pendapatan Bulanan:
    8. VALID ID:

    (International atau National)

    Contact Person: Mr Penny Bard.
    E-mail: penny.bard1@gmail.com
    Tim Salam.

    BalasHapus
  42. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang yang salah. Aku merasakan sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang perusahaan pinjaman tanda linda, dan saya mengajukan pinjaman sebesar $ 100.000 USD Aku mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya langsung dalam waktu 24 jam menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi lindamarkloancompany di Uni E-mail, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman adalah nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di perusahaan pinjaman tanda linda dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda seperti saya dan teman saya. Anda memiliki bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, sebut tanda linda di email mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman lindamarkloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang sashaputri8@gmail.com
    Terima kasih telah membaca kesaksian saya dan saya berterima kasih kepada Tuhan untuk Bantuan

    BalasHapus
  43. Halo, semua orang, silakan, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan dengan seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan keuangan kesulitan, setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online adalah legit kredit dan tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk saran tentang cara untuk mendapatkan pinjaman online, kami berbicara tentang hal itu dan kesimpulan kita bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. Theresa yang merupakan Pendiri / CEO dari Badan kredit Theresa pinjaman Perusahaan. Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman dari (800 juta) dengan tingkat bunga rendah, disetujui tanpa stres dan persiapan dibuat untuk transfer dana untuk pinjaman saya ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari dua (24) jam dan pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah 800 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit asli saya, yang bisa memberikan keinginan hati saya. Banyak terima kasih kepada Ibu Theresa untuk membuat hidup yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ms. Theresa melalui e-mail Theresaloancompany@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda,
    Jadi terima kasih banyak untuk Anda mengambil waktu Anda untuk membaca tentang keberhasilan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Aku nama Martini, Anda dapat menghubungi saya untuk lebih banyak arahan melalui email saya: martinimarais1986@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus

  44. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir mendapatkan untuk mengakhiri tahun ini dan kami berada di Chloe Firm Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________


    CHLOEMORRISLOANFIRM
    (chloemorrisloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  45. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  46. Saya seorang pemberi pinjaman pribadi dan pemodal, dan meminjamkan pinjaman mulai dari dari € 5,000.00 untuk € 80,000,000.00 pada tingkat bunga rendah dari 2% kepada individu, perusahaan, perusahaan, dan investor real estate untuk tujuan pribadi atau bisnis ... Jika Anda tertarik mengisi bawah detailsso bahwa kita dapat melanjutkan.

    Nama Anda dan nama keluarga:
    Negara:
    Kota:
    Alamat:
    Jumlah yang dibutuhkan:
    Waktu:
    Tujuan dari pinjaman
    Pendapatan bulanan:
    Usia:
    Jenis kelamin:
    Pendudukan:
    Nomor telepon:
    Pinjaman Durasi:
    status pernikahan:

    Email kami @ georgejacksoninvestment2016@gmail.com

    motto: mengamankan hari ini untuk esok yang lebih baik
    Terima kasih.
    Mr George Jackson

    BalasHapus
  47. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  48. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  49. Halo, aku Mrs. Stella alex pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Perusahaan kami menyediakan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Namun, peluang keuangan pada langkah pintu Anda, jadi hubungi kami hari ini via email di: stellaalexloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  50. KABAR BAIK !!! BERITA BAIK !!! KABAR BAIK!!!
    Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    media ini untuk mengingatkan semua orang pinjaman berusaha untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
    chloemorrisloanfirm@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: purtihamzah@gmail.com

    BalasHapus
  51. Halo, ini adalah PATRICIA BERTHA PINJAMAN PERUSAHAAN. Dalam Perusahaan ini kami memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal.
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    Hari ini, kita mengatakan berhenti dan mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2% .Kami ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda semua bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Kami adalah kesetiaan, kita terus kata dan janji-janji kita. Jadi hubungi kami hari ini via email:
    Patriciaberthaloancompany@gmail.com

    Data peminjam

     1) Nama Lengkap: ......................................................
     2) Negara: .........................................................
     3) Alamat: .........................................................
     4) Negara: ............................................................
     5) Sex: ...............................................................
     6) Status Pernikahan: .............................................
     7) Pekerjaan: ...................................................
     8) Nomor Telepon: ................................................
     9) posisi Saat ini di tempat kerja: ...................................................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................................
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .................................
     12) Pinjaman Durasi: ................................................
     13) Tujuan Pinjaman: ..........................................
     14) Agama: ......................................................
     15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya: ...................................................
     16) mata uang yang dipilih: ...................................................

     Terima kasih,
     
    mrs Bertha

    BalasHapus
  52. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    BalasHapus
  53. Halo sesama Indonesia dan pinjaman pencari, silahkan saya ingin Anda semua untuk menjadi sangat berhati-hati dalam pinjaman online mereka pinjaman online seharusnya menjadi yang terbaik dan cepat portal pinjaman pernah tapi harus menjadi penyalahgunaan oleh banyak pemberi pinjaman palsu di luar negeri saya akan saran Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semua dari mereka yang nyata, mereka adalah curang dan mencari seseorang untuk menipu, mereka akan meminta anda untuk mengirim uang untuk biaya asuransi mentransfer pendaftaran dan masih anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka tidak sesungguhnya aku telah menjadi korban di 5 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim sejumlah pelukan uang hampir 100 juta untuk biaya varius karena saya sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman ini karena ibu saya sangat sakit dan bisnis tidak booming dan saya percaya untuk menjadi yang pertama kalinya tapi aku tidak bisa mendapatkan pinjaman dari any.The pemberi pinjaman tidak pernah memiliki kantor mereka tidak memiliki ponsel kantor mereka tidak memiliki kartu id, mereka tidak memiliki klien rekening remittance di bank manapun, di atas semua bukan dari mereka adalah dari Indonesia mereka tidak memiliki kerabat apapun di sini di Indonesia. silahkan, ketika Anda mencari pinjaman meminta mereka untuk setiap iterms ini mereka tidak dapat membuktikan, sehingga mereka fack dan tidak nyata silakan anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu dan ditipu seperti saya jika Anda benar-benar ingin untuk menerapkan di internet hanya ada satu pinjaman serikat kredit nyata dengan kantor comfirm saya percaya begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya ditipu, saya begitu banyak sakit karena saya memiliki utang untuk membayar dan ibu sakit sehingga saya inlaw di Jarkata membantu saya keluar untuk mencari serikat kredit atau perusahaan aku bilang aku tidak ingin ada lender nama asli dan sah serikat kredit dengan kantor dan dia menemukan serikat kredit yang berkantor pusat Riyadh Aasimaha adila loan dan begitu saya inlaw adalah orang yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan peraturan dan untuk kemuliaan allah saya mendapat pinjaman dari perusahaan 350 juta jadi jika Anda membutuhkan pinjaman anda harus menghubungi AASIMAHA LOAN dan mengikuti aturan dan peraturan dan saya meyakinkan anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman anda dalam waktu kurang dari 18 jam anda dapat menghubungi serikat kredit nya di email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) anda masih dapat menghubungi saya di email saya di omogbudeabundance@gmail.com perhatikan SEMUA yANG CLIAM MEREKA Pemberi pinjaman, BEBERAPA PERUSAHAAN TIDAK MEMILIKI KANTOR DAN KANTOR ADDRESS PLEASE SANGAT CAREFUL the serikat kredit sebenarnya adalah di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  54. Nama saya Musa Ahmed dari Surabaya Indonesia Saya adalah bagian dari keluarga kelas menengah dan belum pernah melihat kemiskinan yang nyata selama masa ayah saya adalah seorang penjual motor bagian saya diberi pendidikan yang baik orang tua saya akan membawa saya ke liburan ketika saya mencetak nilai yang baik Lalu aku masuk college pernikahan kakakku direncanakan, ayah membeli sebuah apartemen dan harus membayar biaya saya untuk rekayasa suatu sore saya masih di sekolah ketika saya memiliki panggilan bahwa bisnis ayahku terbakar semuanya mendapat dibakar lebih 480 rupiah pergi ibu scammed tahun sebelumnya semua peristiwa yang terjadi secara berurutan dan kami tiba-tiba dalam utang dan mendapatkan diri kita dirantai pinjaman bank dan merayap kemiskinan di itu di terburu-buru yang tiba-tiba, aku merasa melompat dari Joeniar Arief tanpa persiapan dan sekarang Anda harus belajar untuk terbang Anda jatuh Atau kau mati ada ini rentang waktu 2 tahun (2014-2015) saya harus memerangi kemiskinan pada saya sendiri ada uang untuk membayar biaya kuliah saya diberitahu oleh ayah saya untuk mencari cara untuk mendapatkan hal itu untuk sendiri ada uang untuk membayar berjalan transportasi sehari-hari, ada uang untuk hiburan, film atau pihak ada kain yang baik tidak ada goo makanan ada uang untuk apa pun kecuali makanan dasar terburuk, mengatur semua menggoda bank Mereka mengirim penjaga ke rumah saya untuk memulihkan jumlah pinjaman dan aku harus menjaga ibuku saya pernah dipukuli di lingkungan saya di depan semua orang karena tidak mampu membayar jumlah pinjaman untuk beberapa bulan bank klaim rumah kami dan meninggalkan kami tunawisma kami meninggalkan meninggalkan di rumah tua keluarga membangun oleh almarhum ayah gran saya harus menjual mebel, emas, saya mengatakan kepada ayah saya yang tidak layak mengejar pendidikan saya, mengingat kondisi krisis aku harus mengambil pekerjaan dan mengumpulkan uang untuk keluarga ayah saya mengatakan Son, Anda dapat membuat uang setiap kali Anda inginkan, tetapi Anda tidak akan dapat belajar kemudian saya memberikan wawancara di toko super saya ditolak setiap pintu saya mengetuk, saya ditolak saya melihat ayah saya menyerah aku melihat ibuku menyerah acara-acara keluarga. yang saya butuhkan untuk memulai bisnis kelapa sawit tetapi tidak ada uang Pacar saya meninggalkan saya ketika saya membutuhkannya paling, itu di 6 April 2016 saya pergi ke rumah teman untuk makan karena saya sedang menonton tv saya melihat kertas berita di lantai i mengambilnya dan saya mencoba untuk melihat gambar-gambar aku ke segmen bisnis dan melihat judul tittle APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT NYATA uNTUK BISNIS, APAKAH ANDA dI DEPT? APAKAH ANDA SAKIT? APAKAH ANDA LELAH KEMISKINAN yANG HUBUNGI adila aasimah Ahme perusahaan pinjaman NO BIAYA dengan alamat email mereka (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) saya menulis mereka dengan jaminan mereka memberikan saya pinjaman dari Rp410 pada tingkat 1% dalam 10 tahun saya berjanji perusahaan pinjaman saya akan terus berbagi dan berterima kasih kepada mereka atas bantuan dan mengubah hidup saya jika Anda ingin meminta quest apapun (musaahmed081@gmail.com)

    BalasHapus
  55. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  56. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  57. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  58. Hello Encik dan Puan Adakah anda sedang mencari pinjaman? , Sama ada untuk perniagaan atau untuk pelaksanaan pelancaran semula projek, sama ada untuk membeli sebuah apartmen anda atau untuk membayar hutang. Saya seorang pemberi pinjaman peribadi yang menawarkan anda perkhidmatan pinjaman saya antara individu swasta dalam bidang-bidang berikut: - PINJAMAN HARTA - - PINJAMAN PINJAMAN MORTGAGE - PINJAMAN AUTO - PENEBUSAN PINJAMAN - PINJAMAN MENINGKATKAN MODAL - LAIN-LAIN PINJAMAN kadar faedah kami 3%, anda boleh menghubungi kami melalui e-mel: elizabethkeen.loanfinance@gmail.com untuk pinjaman anda hari ini mengucapkan terima kasih kepada you.Mrs. Elizabeth

    BalasHapus
  59. Halo sesama Indonesia, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs.Elizabeth Kean. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod,
    dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll,
    dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu mereka
    yang scammers dan penipu. Kondisi saya menjadi begitu penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Elizabeth Kean, di mana saya mengajukan pinjaman dari Rp500.000.000 dengan tingkat 3% (3 persen), dan pinjaman telah disetujui
    tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan yang syarat dan kondisi perusahaan yang semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah
    pendaftaran saya mendapat pinjaman saya 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman itu dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu
    saya terima Mrs. Elizabeth Kean untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Silakan jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya
    ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak cheater dan scammers di sini di internet. Aku akan saran Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik berlaku di mana saya diterapkan
    yang asli dan nyata hanya dengan pendaftaran saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Elizabeth Kean jika Anda memerlukan pinjaman asli dan benar tanpa scammed
    atau ditipu, email-nya adalah elizabethkeen.loanfinance@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di adhiaini05@gmail.com. Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  60. Halo sesama Indonesia, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs.Elizabeth Kean. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod,
    dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll,
    dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu mereka
    yang scammers dan penipu. Kondisi saya menjadi begitu penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Elizabeth Kean, di mana saya mengajukan pinjaman dari Rp500.000.000 dengan tingkat 3% (3 persen), dan pinjaman telah disetujui
    tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan yang syarat dan kondisi perusahaan yang semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah
    pendaftaran saya mendapat pinjaman saya 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman itu dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu
    saya terima Mrs. Elizabeth Kean untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Silakan jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya
    ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak cheater dan scammers di sini di internet. Aku akan saran Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik berlaku di mana saya diterapkan
    yang asli dan nyata hanya dengan pendaftaran saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Elizabeth Kean jika Anda memerlukan pinjaman asli dan benar tanpa scammed
    atau ditipu, email-nya adalah elizabethkeen.loanfinance@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di adhiaini05@gmail.com. Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  61. Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera, apakah Anda dalam kesulitan keuangan, atau Anda menolak pinjaman di bank karena masalah atau sesuatu yang lain?
    perusahaan pinjaman Elizabeth Kean di sini untuk membantu semua orang Malaysia yang telah menolak pinjaman atau yang telah tertipu, ditipu, penipuan di bank atau perusahaan pinjaman di internet. perusahaan pinjaman Elizabeth Kean kami pemberi pinjaman kredit terpercaya yang menyediakan pinjaman tanpa jaminan dengan tingkat hanya 2%, dan dalam waktu kurang dari 24 jam. Hubungi kami
    hari ini melalui e-mail kami di elizabethkeen.loanfinance@gmail.com

    BalasHapus
  62. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  63. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KellyWoodLoanFirmLtd
    (Kellywoodloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  64. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  65. Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

    BalasHapus
  66. Hello Setiap Satu, saya mrs Adhi Aini Dari Indonesia tetapi saya tinggal di sini di São Paulo, saya cepat mahu menggunakan media ini untuk ricih bukti bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman Legit dan sebenar yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, daripada menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang kini boleh berbangga dengan kehidupan yang sihat dan kaya tanpa tekanan atau masalah kewangan. Selepas berbulan-bulan cuba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan telah scammed jumlah Rp5,000.000 i menjadi begitu terdesak dalam mendapatkan pinjaman daripada pemberi pinjaman pinjaman legit talian yang tidak akan menambah kepada sakit saya, maka saya mengambil keputusan untuk menghubungi kawan saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman dalam talian, kami berbincang mengenai isu itu dan membuat kesimpulan kami dia memberitahu saya tentang Wanita yang dikenali sebagai Puan Elizabeth yang juga Ketua Pegawai Eksekutif Elizabeth Kean pinjaman Firm. Jadi saya memohon jumlah pinjaman (Rp300,000.000) dengan kadar faedah rendah sebanyak 2%, jadi pinjaman telah diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan di mana dibuat mengenai pemindahan pinjaman dan dalam masa kurang daripada 4 jam, pinjaman itu didepositkan ke dalam bank saya. Jadi saya ingin menasihatkan mana-mana satu yang memerlukan pinjaman untuk dengan cepat menghubungi beliau melalui e-mel .. elizabethkeen.loanfinance@gmail.com Dia tidak tahu yang sedang melakukan ini saya berdoa agar Allah akan memberkati dia untuk perkara yang baik yang dilakukannya dalam hidup saya. anda juga boleh hubungi saya di adhiaini05@gmail.com. untuk maklumat lanjut.

    BalasHapus
  67. Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

    BalasHapus
  68. Hello rakan-rakan Indonesia, saya mahu anda untuk membantu saya bersyukur kepada Tuhan kerana menyelamatkan nyawa saya melalui bantuan Mrs.Elizabeth Kean. Saya amat sakit di hospital dengan demam typhod, dan saya tidak dapat membayar bil-bil hospital saya kerana saya tidak mempunyai Bill Hospital, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar yuran, cukai, insurans, dan lain-lain ., dan selepas pembayaran saya tidak mendapat pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu aku, ini berlaku kepada saya pada 6 pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza di sini di internet, i kemudian tahu mereka penipu dan penipu. Keadaan saya menjadi begitu kritikal dan saya berada di hampir mati sebelum jururawat di hospital itu memberitahu saya tentang di mana dia telah mengambil pinjaman dan ia adalah benar dan tulen, dia memperkenalkan saya kepada Puan Elizabeth Kean, di mana saya memohon pinjaman daripada Rp500,000,000 dengan 2 kadar% (2 peratus), dan pinjaman itu diluluskan tanpa cagaran, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka berkata terma syarikat dan syarat-syarat bahawa semua pelanggan perlu mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan selepas pendaftaran saya saya dapat saya pinjaman 2 jam selepas mereka mengesahkan pendaftaran saya. Pinjaman telah dihantar terus ke akaun bank saya tanpa tekanan. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya mengucapkan terima kasih kepada Puan Elizabeth Kean kerana membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Sila jika anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, anda perlu berhati-hati, dan saya ingin menasihatkan anda bahawa mereka begitu banyak penipu dan penipu di sini di internet. Saya akan menasihati anda bahawa jika anda memerlukan pinjaman anda lebih baik terpakai jika saya memohon itu adalah tulen dan sebenar dengan hanya pendaftaran sahaja dan tiada cagaran. hubungi Puan Elizabeth Kean sekarang jika anda memerlukan pinjaman asal dan benar tanpa scammed atau ditipu, e-mel beliau adalah elizabethkeen.loanfinance@gmail.com. dan anda juga boleh hubungi saya di e-mel saya di deborahlynda842@gmail.com. Tuhan memberkati anda semua

    BalasHapus
  69. Hello Setiap Satu, saya mrs Debora Dari Indonesia tetapi saya tinggal di sini di São Paulo, saya cepat mahu menggunakan media ini untuk ricih bukti bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman Legit dan sebenar yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk tangguh , daripada menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang kini boleh berbangga dengan kehidupan yang sihat dan kaya tanpa tekanan atau masalah kewangan. Selepas berbulan-bulan cuba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan telah scammed jumlah Rp5,000.000 i menjadi begitu terdesak dalam mendapatkan pinjaman daripada pemberi pinjaman pinjaman legit talian yang tidak akan menambah kepada sakit saya, maka saya mengambil keputusan untuk menghubungi kawan saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman dalam talian, kami berbincang mengenai isu itu dan membuat kesimpulan kami dia memberitahu saya tentang Wanita yang dikenali sebagai Puan Elizabeth yang juga Ketua Pegawai Eksekutif Elizabeth Kean pinjaman Firm. Jadi saya memohon jumlah pinjaman (Rp300,000.000) dengan kadar faedah rendah sebanyak 2%, jadi pinjaman telah diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan di mana dibuat mengenai pemindahan pinjaman dan dalam masa kurang daripada 4 jam, pinjaman itu didepositkan ke dalam bank saya. Jadi saya ingin menasihatkan mana-mana satu yang memerlukan pinjaman untuk dengan cepat menghubungi beliau melalui e-mel .. elizabethkeen.loanfinance@gmail.com Dia tidak tahu yang sedang melakukan ini saya berdoa agar Allah akan memberkati dia untuk perkara yang baik yang dilakukannya dalam hidup saya. anda juga boleh hubungi saya di deborahlynda842@gmail.com. untuk maklumat lanjut.

    BalasHapus
  70. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  71. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    TEL: +60183723787
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  72. Hati-hati di sini. Tidak ada yang bisa membantu Anda di sini atau bahkan menyarankan bagaimana Anda bisa mendapatkan bantuan keuangan. sebagian besar jawaban dari pemberi pinjaman kredit di sini, Anda harus mengabaikan, karena mereka adalah penipuan ... penipuan yang nyata ... saya adalah korban dari yang saya robek ribuan dolar ... baik terima kasih Tuhan untuk adik Kristen yang disebut saya organisasi pinjaman yang dibentuk oleh beberapa Christian Women Trust Fund. itu disebut wanita Kristen Loan-dana Organisasi Koperasi (C.W.T.C.O) christianwomenloanfunds@cash4u.com dan christianwomenloanfunds@gmail.com Mereka membuat hidup saya yang berharga dan memberikannya makna. Ketika kakak memberiku kontak mereka, saya menghubungi mereka. Kemudian saya diminta untuk pinjaman dengan semua bukti yang diperlukan untuk membuktikan bahwa saya benar-benar diperlukan pinjaman, mereka menyetujui pinjaman sebesar $ 250,000.00 USD dalam 48 jam setelah bertemu dengan kebutuhan yang diperlukan mereka, pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan. Meskipun saya sangat gugup dengan organisasi pinjaman pada awalnya karena pengalaman buruk saya sebelumnya, terutama ketika masalah saya menetap biaya Pendaftaran datang, saya berpegang pada keyakinan saya karena fakta bahwa saya relatif merujuk, mendapatkannya dibersihkan , dan sebagai harus memiliki Allah itu, sedikit yang saya tahu bahwa kekurangan keuangan saya telah datang ke sebuah akhir akhir. Jika tidak untuk itu rujukan cepat dari adik christian sumber asli ini, saya akan menyesal Total hidup saya, karena pada titik waktu saya hanya bercerai ayah dari anak saya, dan anak saya (Kenneth) dihadapkan dengan kehidupan dan situasi kematian. Saya dihadapkan dengan tagihan rumah sakit dan saya juga dihadapkan dengan penyitaan di apartemen saya. Rincian dari organisasi ini ALLAH-DIKIRIM tidak akan mengungkapkan untuk saat ini karena takut peniruan (karena telah menemukan bahwa beberapa orang tidak benar-benar membutuhkan bantuan keuangan, tetapi mereka hanya ingin mengumpulkan uang dari organisasi pinjaman christian asli ini) . Dan itu karena alasan ini mereka don, t memberikan pinjaman bagaimanapun. Anda harus mampu meyakinkan mereka sangat baik, dan memberikan bukti-bukti yang baik untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar membutuhkan pinjaman sebelum mereka dapat menyetujui untuk Anda. biaya mereka sangat terjangkau dan dapat diandalkan dibandingkan dengan banyak di luar sana, suku bunga mereka hanya 4%, dari 1-10years pembayaran dokumentasi sedikit, dan sedikit pemeriksaan kredit. Seperti yang saya telah sebelumnya mengatakan, untuk alasan keamanan saya hanya dapat memberikan alamat email mereka. Merangkul inisiatif baru ini. Jangan ragu untuk menghubungi mereka melalui Email sebagai petugas pinjaman mereka / rep Pak Perry smith akan hadir untuk Anda dan Anda akan bebas dari penipuan dan beban keuangan.
    Kontak Email ... christianwomenloanfunds@cash4u.com dan christianwomenloanfunds@gmail.com
    Hubungi Phone ..... + 233553866486

    BalasHapus
  73. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  74. Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

    Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

    BalasHapus
  75. Saya, Jessica Shannon Shirley dari Amerika Syarikat, North Carolina saya berjanji
    untuk berkongsi kesaksian ini di seluruh dunia sekali Suami saya kembali kembali kepada saya, dan hari ini berkenaan dengan semua kerana saya ingin mengucapkan terima kasih dr. Odenore untuk membawa kegembiraan dan kebahagiaan kepada hubungan saya dan keluarga saya. Saya ingin memaklumkan kepada anda semua bahawa ada caster ejaan yang benar dan tulen. Saya tidak percaya dalam apa-apa perkara-perkara ini sehingga i perceraian suami saya, saya memerlukan bantuan sehingga saya mendapati yang caster ejaan yang hebat, Dan dia membuang ejaan cinta bagi saya, dan dia meyakinkan saya bahawa saya akan mendapat suami saya kembali dalam dua hari selepas ejaan telah dilemparkan. Tiga hari kemudian, telefon saya berdering, dan sebagainya teramat, ia adalah suami saya yang tidak memanggil saya untuk 6 bulan yang lalu sekarang, dan membuat permohonan maaf untuk percutian hati, dan memberitahu saya bahawa dia sudah bersedia untuk menjadi tulang belakang saya sehingga hidupnya dengan saya. Dr Odenore, dikeluarkan dia tahu berapa banyak saya suka dan mahu dia. Dan membuka matanya untuk gambar berapa banyak kita telah berkongsi bersama-sama. Sebagai I`m menulis kesaksian ini sekarang I `m gadis yang paling gembira di dunia dan saya dan suami saya yang hidup kehidupan yang bahagia dan cinta kita kini lebih kuat daripada bagaimana ia adalah lebih sebelum rehat kami sehingga. Jadi `s mengapa saya berjanji untuk berkongsi kesaksian saya di seluruh alam semesta. Semua terima kasih pergi ke Dr Odenore untuk kerja-kerja yang berlebihan yang beliau telah lakukan untuk saya. Di bawah adalah alamat e-mel dalam apa jua keadaan anda sedang menjalani rehat jantung, dan saya memberi jaminan kepada anda bahawa dia telah melakukan lombong bagi saya, dia pasti akan membantu anda juga. hubungi dia buat pada e-mel odenoretemple@gmail.com

    (1) musim Cancer
    (2) musim Kehamilan
    (3) Hiv / aids ejaan *
    (4) Mendapatkan wang penipuan anda kembali *
    (5) Jika anda mahu kanak-kanak.
    (6) Jika anda sentiasa mempunyai mimpi buruk
    (7) Eja untuk Dapatkan satu cinta anda keluar dari penjara.
    (8) Mendapatkan pinjaman yang besar tanpa membayar apa-apa fi mengeja *
    (9) Anda mahu wanita / orang yang berlari selepas anda.
    (10) Jika anda mahu bekas anda kembali.
    Hubungi beliau hari ini atas bantuan anda dan anda akan gembira untuk selama-lamanya. JAWAPAN (e-mel: odenoretemple@gmail.com)

    BalasHapus
  76. halo
    Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! MARGARET PEDRO KREDIT PERUSAHAAN memberikan fasilitas pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami hari ini melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com
    APLIKASI DATA
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    BalasHapus
  77. Ini adalah kuil besar Illuminati adalah anda mencari, kekayaan, kuasa dan kemasyhuran, adakah anda seorang lelaki perniagaan atau perempuan, adakah anda seorang paderi atau ahli politik atau pensyarah, adakah anda
    seorang pelajar atau graduan, yang begitu pun anda berada di seluruh dunia dos tidak penting kepada kami, apa yang penting banyak kepada kita adalah untuk melihat anda bahagia dan kaya, kami memberi anda
    peluang di sini untuk menjadi apa yang pernah jadi anda mahu menjadi dalam kehidupan, menyertai Illuminati rahsia saudara hood dan mendapatkan semua yang anda perlukan dalam hidup, kami menawarkan setiap perkara yang anda perlukan dalam hidup, jika
    anda benar-benar bersedia untuk membuat dalam kehidupan adalah lebih baik anda menyertai kami sekarang! Sertai Illuminati dan menjadi kaya, terkenal dan known.Join Illuminati dan mempunyai semua yang anda mahu dalam hidup
    menyertai Illuminati apa-apa adalah anda Dalam dunia hari ini sila e-mel kami sekarang supaya kita boleh meneruskan permintaan anda dari kuil kami, hubungi kami melalui e-mel ini sekarang
    illuminattiworld5@gmail.com ... atau hubungi 14156537851 ..... California U.S.A

    BalasHapus
  78. Ini adalah kuil besar Illuminati adalah anda mencari, kekayaan, kuasa dan kemasyhuran, adakah anda seorang lelaki perniagaan atau perempuan, adakah anda seorang paderi atau ahli politik atau pensyarah, adakah anda
    seorang pelajar atau graduan, yang begitu pun anda berada di seluruh dunia dos tidak penting kepada kami, apa yang penting banyak kepada kita adalah untuk melihat anda bahagia dan kaya, kami memberi anda
    peluang di sini untuk menjadi apa yang pernah jadi anda mahu menjadi dalam kehidupan, menyertai Illuminati rahsia saudara hood dan mendapatkan semua yang anda perlukan dalam hidup, kami menawarkan setiap perkara yang anda perlukan dalam hidup, jika
    anda benar-benar bersedia untuk membuat dalam kehidupan adalah lebih baik anda menyertai kami sekarang! Sertai Illuminati dan menjadi kaya, terkenal dan known.Join Illuminati dan mempunyai semua yang anda mahu dalam hidup
    menyertai Illuminati apa-apa adalah anda Dalam dunia hari ini sila e-mel kami sekarang supaya kita boleh meneruskan permintaan anda dari kuil kami, hubungi kami melalui e-mel ini sekarang
    illuminattiworld5@gmail.com ... atau hubungi 14156537851 ..... California U.S.A

    BalasHapus
  79. Hello, nama saya Julia Simon, mangsa penipuan di tangan peminjam palsu. saya telah kehilangan kira-kira $ 40,000 USD kerana saya memerlukan modal yang besar sebanyak $ 100,000USD. i hampir meninggal dunia, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi. perniagaan saya telah dimusnahkan, dan dalam proses itu saya kehilangan anak saya. i tidak boleh berdiri ini berlaku lagi. pada Mac 2016, saya bertemu dengan seorang rakan yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Puan Julia Simon, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah syarikat. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan Allah terus memberkati anda. i juga suka menggunakan kesempatan ini untuk menasihati rakan-rakan Malaysia, bahawa terdapat banyak penipu di luar sana, jadi jika anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman yang cepat, hanya mendaftar melalui Puan Julia Simon melalui e-mel: (juliasimon460@gmail.com ). anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: (augustaibramhim11@gmail.com). jika anda mempunyai sebarang keraguan. sila dia adalah satu-satunya orang yang boleh dipercayai dan boleh dipercayai.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  80. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  81. Hi
    Saya Korejs Fillip, Pengurus Pemasaran, Perdagangan Int Global.
    Kami menawarkan perkhidmatan pinjaman kewangan untuk semua orang di seluruh dunia pada kadar faedah yang sangat rendah sebanyak 2%

    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Terima kasih & Salam,
    Korejs Fillip

    +60183723787
    Pengurus Pemasaran Perniagaan.

    BalasHapus
  82. Hello, nama saya Puan Ruth Edwin, mangsa penipuan di tangan peminjam palsu. saya telah kehilangan kira-kira RM23,000 kerana saya memerlukan modal yang besar sebanyak RM55,000. i hampir meninggal dunia, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi. perniagaan saya telah dimusnahkan, dan dalam proses itu saya kehilangan anak saya. i tidak boleh berdiri ini berlaku lagi. pada bulan Ogos 2015, i bertemu kawan baik yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Puan Mary William, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah syarikat. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan Allah terus memberkati anda. i juga suka menggunakan kesempatan ini untuk menasihati rakyat Malaysia, yang terdapat banyak penipu di luar sana, jadi jika anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman yang cepat, hanya mendaftar melalui Puan Mary William melalui e-mel: marywilliam902@gmail.com. anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: ruthedwin98@gmail.com. jika anda mempunyai sebarang keraguan. sila dia adalah satu-satunya orang yang boleh dipercayai dan boleh dipercayai.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  83. Anda mempunyai hutang, atau adakah anda menolak pinjaman di bank? Pasukan kami akan membantu dalam menyelesaikan masalah anda dengan kadar faedah 2%. Kami mengesyorkan pinjaman yang cepat untuk sebarang tujuan. Hanya kad pengenalan, sijil kelahiran dan gambar anda, pengesahan pesat, formaliti minimum, penerimaan tinggi cadangan dan keputusan kredit dalam masa kurang daripada 24 jam Tanpa perlu menyediakan bukti pendapatan. Kami telah mendapat jumlah pinjaman yang tinggi sehingga 5 bilion daripada mana-mana mata wang di dunia tempoh pembayaran kami adalah dari 6 bulan hingga 20 tahun. Tiada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit. Datang kepada kami, kami mengendalikan segala-galanya dalam satu hari.
    Hubungi kami hari ini melalui e-mel kami: dewiahmad.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  84. Adakah anda seorang ahli perniagaan atau perempuan? Jika dalam apa-apa masalah kewangan atau memerlukan wang untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Jika anda membayar bil-bil atau hutang untuk menyelesaikan, atau adakah saya memerlukan pinjaman untuk memulakan perniagaan yang bagus? Adakah anda mempunyai skor kredit yang rendah dan ia sukar bank-bank tempatan / modal mencari untuk mendapatkan gadai janji daripada institusi kewangan yang lain? Adakah anda memerlukan pinjaman atau pembiayaan untuk apa-apa sebab, jika anda suka,

    * Pinjaman Kenderaan
    * Pinjaman Harta Tanah
    * Pinjaman Perniagaan
    * Lain-lain Pinjaman
    * Kredit
    * MasterCard

    Sila hubungi kami melalui e-mel: Saya Theresaloancompany@gmail.com
    Nota: Pinjaman menyediakan kadar faedah tahunan sebanyak hanya 2%. Harap anda akan diberi kredit dalam mana-mana negara di dunia harus kediaman.

    Apa-apa keperluan pelanggan, kami perlu menyediakan maklumat berikut untuk membuka fail pemprosesan pinjaman.

    1. NAMA PENUH: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. KERJA: .....................
    4. NEGERI: ........................
    5. SYARAT: ........................ ..
    6. Bandar: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. BILANGAN TELEFON BIMBIT: ............ ..
    10. BILANGAN KREDIT DIKEHENDAKI: ..........
    Pendapatan 11.Monthly ..................
    12.DURATION daripada: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerjasama anda
    Theresa SYARIKAT PINJAMAN
    ALAMAT E-MEL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  85. Adakah anda seorang ahli perniagaan atau perempuan? Jika dalam apa-apa masalah kewangan atau memerlukan wang untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Jika anda membayar bil-bil atau hutang untuk menyelesaikan, atau adakah saya memerlukan pinjaman untuk memulakan perniagaan yang bagus? Adakah anda mempunyai skor kredit yang rendah dan ia sukar bank-bank tempatan / modal mencari untuk mendapatkan gadai janji daripada institusi kewangan yang lain? Adakah anda memerlukan pinjaman atau pembiayaan untuk apa-apa sebab, jika anda suka,

    * Pinjaman Kenderaan
    * Pinjaman Harta Tanah
    * Pinjaman Perniagaan
    * Lain-lain Pinjaman
    * Kredit
    * MasterCard

    Sila hubungi kami melalui e-mel: Saya Theresaloancompany@gmail.com
    Nota: Pinjaman menyediakan kadar faedah tahunan sebanyak hanya 2%. Harap anda akan diberi kredit dalam mana-mana negara di dunia harus kediaman.

    Apa-apa keperluan pelanggan, kami perlu menyediakan maklumat berikut untuk membuka fail pemprosesan pinjaman.

    1. NAMA PENUH: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. KERJA: .....................
    4. NEGERI: ........................
    5. SYARAT: ........................ ..
    6. Bandar: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. BILANGAN TELEFON BIMBIT: ............ ..
    10. BILANGAN KREDIT DIKEHENDAKI: ..........
    Pendapatan 11.Monthly ..................
    12.DURATION daripada: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerjasama anda
    Theresa SYARIKAT PINJAMAN
    ALAMAT E-MEL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  86. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus

  87. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +60182913326
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  88. Halo untuk siapa pun yang membaca artikel ini, Nama saya Jude El nino dari sebagian Spanyol dan Indonesia, namun dibesarkan di Filipina, di mana hal-hal yang begitu keras, perekonomian sangat buruk, saya ingin memulai sebuah pabrik susu tapi tidak ada modal untuk memulai proyek besar dan mimpi, dan bank menuntut begitu banyak untuk collecterial, jadi saya memutuskan untuk melihat secara online sampai saya bertemu dengan beberapa perusahaan tetapi mereka scammed permintaan untuk satu kali pembayaran ke yang lain, jadi saya hampir menyerah sampai aku melihat sebuah artikel dari seseorang yang bersaksi tentang perusahaan pinjaman Mr. Dangote, pada awalnya saya pikir itu sama dengan perusahaan orang lain atas tuduhan penipuan uang thier kecil, tapi aku mengumpulkan keberanian untuk mengikuti kebijakan mereka dan sekarang aku CEO perusahaan susu waktu kecil dengan setidaknya 12 pekerja dan saya melakukannya dengan baik, berdoa untuk memperluas, jadi jika Anda membaca artikel ini, perusahaan pinjaman Mr Dangote adalah nyata dan begitu berlaku dan mendapatkan uang Anda sendiri Via pinjaman Dangotegrouploandepartment@gmail.com dan tingkat bunga hanya 1,5% dan pastikan ketika Anda mendapatkan pinjaman Anda, Anda membayar angsuran bulanan Anda tanpa penundaan, dan jika Anda tidak mengerti proses hubungi saya Via judeelnino@gmail.com

    BalasHapus
  89. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas Mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    daripada anda.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Salam
    Sir Joel Williams
    TUNAI PINJAMAN FIRMA COMPANY
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +60182913326
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  90. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas Mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    daripada anda.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Salam
    Sir Joel Williams
    TUNAI PINJAMAN FIRMA COMPANY
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +60182913326
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus

  91. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +60182913326
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus


  92. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +60182913326
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  93. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +60182913326
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  94. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    email: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +60182913326
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  95. KABAR BAIK!

    Untuk benar memperkenalkan diri,
    Ibuku Karin dari [KARIN LOOKMAN PINJAMAN PERUSAHAAN]

    Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya menyediakan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tapi mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
    Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Karinlookmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  96. KABAR BAIK!

    Untuk benar memperkenalkan diri,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN PINJAMAN PERUSAHAAN]

    Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya menyediakan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tapi mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
    Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  97. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada orang
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    emel: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +601111850392
    Email: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  98. KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Nama saya NADIRA MUHAMMAD dari [PERUSAHAAN PIHAK NADIRA MUHAMMAD]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Anda disarankan untuk melengkapi dan mengembalikan rinciannya di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor ponsel: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelum: ________________

    Jika Anda telah melakukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur

    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  99. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada orang
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    emel: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +601111850392
    Email: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  100. saya perlukan pinjaman

    i memerlukan pinjaman bantuan $ 2000 dengan 2% kadar faedah yang sangat mendesak

    Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada orang
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    emel: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +601111850392
    Email: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  101. saya perlukan pinjaman

    i memerlukan pinjaman bantuan $ 2000 dengan 2% kadar faedah yang sangat mendesak

    Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada orang
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    emel: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +601111850392
    Email: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  102. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada orang
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    emel: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +601111850392
    Email: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  103. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
    untuk memberi bantuan kewangan kepada orang
    Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

    emel: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    FIRM TUNAI PINJAMAN SYARIKAT
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +601111850392
    Email: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  104. Adakah anda Memerlukan pinjaman kredit kewangan segera?
    * Pemindahan yang sangat cepat dan segera ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Pembayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lamakah masa untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    Pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat yang sah dan berlesen ini, yang diberi kuasa
    Untuk memberikan bantuan kewangan kepada semua orang
    Untuk maklumat lanjut dan borang permohonan pinjaman

    E-mel: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    SYARIKAT PINJAMAN TUNAI TUNAI
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +601111850392
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  105. Hari yang baik,
    Namaku Marcu Dorlca, saya berasal dari bahasa Rumania. Saya ingin memberi kesaksian tentang pemberi pinjaman yang baik yang menunjukkan kepada saya terang setelah dia dikenali oleh dua kreditur internasional yang berbeda di Internet, semuanya berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah mereka membuat saya membayar banyak pajak dan mereka tidak memberi saya apa-apa dan Tidak memiliki hasil positif. Saya telah kehilangan uang hasil jerih payah saya dan itu adalah total (3.000 euro). Suatu hari saya browsing internet terlihat bingung dan frustrasi, maka saya menemukan sebuah kesaksian dari seorang Wanita yang juga scammed dan akhirnya terikat dengan kredit yang sah dan dapat diandalkan Nyonya Alicia Radu (aliciaradu260@gmail.com) di mana dia akhirnya mengambil Pinjaman, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya dirampok dari dua kreditor berbeda yang tidak lebih dari sekadar memberi saya rasa sakit. Saya jelaskan kepada mereka melalui email. Mereka menyuruh saya berhenti menangis karena saya akan mengambil pinjaman saya dari perusahaan mereka dan juga membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya telah menyelesaikan formulir pinjaman dan saya telah melakukan semua yang telah saya minta dan saya mendapat pinjaman sebesar (25.000,00 euro) oleh perusahaan hebat ini. Disini saya senang dengan keluarga saya hari ini karena ibu Alicia Radu telah memberi saya pinjaman, jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya menerima pinjaman saya. Saya pikir orang lain juga bersaksi dan kreditor sama. Apakah Anda memerlukan pinjaman darurat? Mohon dan cepat hubungi ibu melalui e-mail: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (marcudorlca750@gmail.com)

    BalasHapus
  106. Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang Anda atau melunasi tagihan Anda atau memulai bisnis yang bagus, Membeli rumah atau mobil? Transaksi "Pinjaman Investasi"? Kami memberikan pinjaman konsolidasi utang,
    Pinjaman usaha, pinjaman refinancing rumah, pinjaman mobil, pinjaman pribadi
    Dan pinjaman perusahaan dengan bunga 2% per tahun. Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda ditolak oleh bank dan ditipu? Kami menawarkan jenis pinjaman berikut dan banyak lagi, persetujuan cepat, transfer dana yang cepat, berlaku dengan kredit buruk dan sukses. Sampai tingkat keberhasilan 95% ketika Anda mengajukan pinjaman di perusahaan kami; Dari € 2000.00 Minimum sampai dengan maksimum € 9.000.000 Syarat Pembayaran (1-30 tahun) untuk pembayaran, dengan fasilitas standar Kelas Dunia dan untuk memastikan bahwa dana masuk ke rekening bank Anda dalam 48 jam ke depan, kami menawarkan yang berikut. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimal adalah prioritas kami. Jika berminat, silakan balas kepada kami melalui email di aaminahrahmanloancompany@gmail.com, BBpin = D8AD26CA

    BalasHapus
  107. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  108. Berikut adalah penyelesaian terbaik untuk kebebasan kewangan, membuat tahun anda berjaya dengan melawat perkhidmatan pinjaman christian morgan di mana anda boleh mendapatkan pinjaman untuk memulakan perniagaan impian anda tanpa tekanan dan mendapatkan pinjaman anda diluluskan dalam satu minggu. Adakah anda sedang mencari pinjaman? Atau adakah anda pernah menolak pinjaman oleh bank atau institusi kewangan untuk satu atau lebih sebab? Anda mempunyai tempat yang tepat untuk penyelesaian pinjaman anda di sini! Kami memberi pinjaman kepada syarikat dan individu dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%. Sila hubungi kami melalui e-mel hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Penuh:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) negara:
    5) Jantina:
    6) Status Perkahwinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nombor Telefon:
    9) Jawatan di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Bilangan Pinjaman Diperlukan:
    12) Tempoh Pinjaman:
    13) Kadar Faedah:
    14) Agama:
    15) Pernahkah anda memohon;
    16) tarikh lahir;

    Terima kasih,
    Puan Christian

    BalasHapus
  109. Halo,
    Saya adalah Nyonya Alicia Radu, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Membutuhkan pinjaman untuk konsolidasi hutang, dengan tingkat konstruksi 2%, pinjaman real estat, pembiayaan kembali, keperluan pribadi, bisnis atau uang darurat? Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita yang sedang berpikir untuk memperluas bisnis Anda dengan menawarkan pinjaman dari semua jenis. Jika berminat hubungi kami hari ini melalui (aliciaradu260@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelumnya:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus
  110. Adakah anda Memerlukan pinjaman kredit kewangan segera?
    * Pemindahan yang sangat cepat dan segera ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Pembayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lamakah masa untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    Pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi syarikat yang sah dan berlesen ini, yang diberi kuasa
    Untuk memberikan bantuan kewangan kepada semua orang
    Untuk maklumat lanjut dan borang permohonan pinjaman

    E-mel: cashfirmarena@gmail.com


    Selamat sejahtera
    Sir Joel Williams
    SYARIKAT PINJAMAN TUNAI TUNAI
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Tel: +601111850392
    E-mel: cashfirmarena@gmail.com
    Webisite: cashfirmarena.wordpress.com

    BalasHapus
  111. Kami menawarkan pinjaman yang direka untuk memenuhi kewangan dan peribadi anda
      Keperluan Pinjaman perniagaan dengan skim persetujuan pinjaman cepat.
      Kami meminjam wang dari mereka yang memerlukan bantuan kewangan,
      Kami memberikan kredit kepada orang yang mempunyai kredit buruk atau memerlukan wang untuk membayar bil,
    Untuk melabur dalam perniagaan. Adakah anda sedang mencari pinjaman?
      Anda tidak perlu bimbang, kerana anda berada di tempat yang betul,
    Saya menawarkan pinjaman dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%, jadi jika anda memerlukan pinjaman,
    Saya mahu anda menghubungi saya di alamat e-mel ini: gloriasloancompany@gmail.com
    MAKLUMAT PERMOHONAN KREDIT YANG DIPERLUKAN:
    1) Nama penuh: ............
    2) Seks: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nombor Telefon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Diperlukan: .....
    9) Tempoh pinjaman: ...............
    10) Tujuan pinjaman: ...........

    BalasHapus

  112. Assalamu'alaikum
    'Insya Allah' ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM menawarkan pinjaman dengan tingkat persentase tahunan yang sangat rendah APR menghubungi kami melalui e-mail kami: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} untuk menikmati hal berikut: apakah Anda ditolak oleh Bank sebagai Hasil dari sejarah kredit buruk Anda adalah Anda berutang secara finansial apakah Anda memerlukan dana untuk ekspansi bisnis atau Anda ingin memulai bisnis dengan tambahan modal atau Anda memerlukan pinjaman yang sangat besar untuk melaksanakan proyek antara lain dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda dapat mengatakan "Alhamdulillah" karena kami menjamin kelayakan kepercayaan kejujuran 100% dalam layanan kami menghubungkan kami segera BBM INVITE: {D8980E0B} atau melalui alamat e-mail di atas Assalamu'alaikum wr wb,

    BalasHapus
  113. "SELAMAT DATANG UNTUK MENAMBAHKAN KELUAR PINJAMAN"
    Good Day Sir / Madam: Adakah anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai perniagaan anda atau dalam sebarang tujuan? Kami berlesen, sah dan berlesen antarabangsa, anda berada di tempat yang betul untuk penyelesaian pinjaman anda di sini! "KELUARAN PINTU AKSES" anda boleh menghubungi kami melalui: (ACCESSLOANSFIRM@GMAIL.COM)

    Kami adalah pemberi pinjaman pinjaman swasta dari "KELUARAN PINJAMAN ACCESS" yang memberi peluang masa hidup. Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar hutang anda, atau anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan perniagaan anda? Kami adalah pemberi pinjaman pinjaman yang memberikan peluang pinjaman kepada mereka yang memerlukan pinjaman dan kami tidak memerlukan penipu untuk melarikan diri dengan wang kami, kerana kami mempunyai banyak pengalaman di masa lalu Dan sekarang kami kembali untuk orang yang serius yang memerlukan pinjaman dan tinggal Tetap setia kepada Komitmen anda.

    Kilang Pinjaman kami menawarkan pinjaman kepada firma Perniagaan kadar faedah sebanyak 1.5%.

    Pinjaman yang kami tawarkan ialah:

    1. Pinjaman Peribadi
    2. Pinjaman Perniagaan
    3. Pinjaman Pelaburan
    4.Housing Loan, dan lain-lain

    Jadi jika anda ingin mendapatkan pinjaman dari syarikat saya, anda boleh menghubungi kami hari ini melalui: (accessloansfirm@gmail.com)

    Dapatkan kelulusan pinjaman segera dalam masa 1 jam di sini di "AKSES PINJAMAN" Kami berharap untuk mendengar daripada anda.
    Selamat sejahtera

    BalasHapus
  114. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  115. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  116. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  117. assalamualaikum
    Nama saya Hendra Mungkin saya mengalami masalah keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera diambil untuk beristirahat ketika teman saya memperkenalkan saya kepada ibu Yuliana di Awalnya saya pikir itu akan tetap menjadi permainan membosankan yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka mendapat kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan dengan proses saya bisa mendapatkan pinjaman dari 430.000.000 juta di Bank Akun Asia Tengah (BCA) ketika saya menggunakan ponsel saya, saya tidak pernah percaya, saya kira saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa benar bahwa ibu kontak sekarang mengalami terobosan yang memilukan dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {DC0030C8} atau Anda ingin mengonfirmasi dari saya? Anda dapat menghubungi saya melalui email saya: {hendramay77@gmail.com} dan Anda juga dapat menghubungi perusahaan ANTHONY YULIANA LENDERS melalui surat: {anthony.yulianalenders@gmail.com}

    BalasHapus
  118. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah, yaitu 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  119. BROKEN HEART MADE WHOLE AGAIN.....!!!!!!!!
    I never had a thing nor belief with spell casters until I saw a need for it when someone so dear to my heart left me for another man who doesn't even give a damn about her. Thanks to Dr. Odinani Owelle who used a spell to bring back my girlfriend to me in just two days when she came weeping and asking I forgive her for ever letting go and that she was gonna make up every bit of lost time and make me happier than ever for making me sob one bit
    I came in contact with Dr. Odinani Owelle in a blog and thought of giving it a trial because I could not imagine that someone I love with all my heart was gonna leave me right under my close watch, the and then did I get to know that my close watch was not good enough. Like promised, Dr Odinani Owelle kept to his just words that brought back my love home to daddy and I am gonna love her more.
    Wanna reach out to all the broken homes and relationships via this post of mine to believe that their problems can always be fixed, just get the right person to do it and I testify that there is no other right person as Dr. Odinani Owelle the real spell cast in the world Contact Him on hi's email adders odinanisolutioncentre@gmail.com.
    1. Getting your lover or husband back
    2. Spiritual bulletproof
    3. Training
    4. Money spell
    5. Long life spell
    6. Prosperity spell
    7. Protection spell
    8. Get a job spell
    9. Becoming a manager spell
    10. Get a huge loan without paying any fee spell
    11. Getting your scam money back
    12. Child spell
    13. Pregnancy spell
    14. Freedom spell
    15. Love spell
    16, vanishing spell
    17. Invisible human spell
    18. Success or pass spell
    19. Marriage spell
    20. Avenging spell
    21. Popularity spell
    22. Killing spell
    23. Cancer spell...........

    odinanisolutioncentre@gmail.com.

    BalasHapus
  120. Assalamualaikum


    Calls Only::::{+12542276869}
    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  121. Nancy Nunez
    KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN DARI SUMBER LEGIT Halo, saya Nancy Nunez dengan nama dan saya tinggal di AS, Begitu banyak dipenuhi dengan kebahagiaan dan Sukacita, saya ingin berbicara tentang kebaikan Tuhan, kerja keras dalam hidup saya , setelah sekian berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan di-scammed, sehingga saya menjadi putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman yang sah secara online kemudian saya melihat komentar dari seorang teman bernama bobby Leo dan berbicara tentang perusahaan pinjaman yang sah ini, di mana dia mendapatkan pinjamannya dengan cepat dan mudah tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Pak Rossa Stanley yang mengendalikan perusahaan rossa stanleyloan company, jadi saya meminta jumlah pinjaman $ 89,000.00 USD karena skor kredit saya oke dan dengan suku bunga rendah 2%, jadi pinjaman disetujui dan disimpan ke rekening bank amerika saya, begitulah cara saya mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis saya berjalan dan melunasi tagihan saya, jadi saya menyarankan Anda masing-masing yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman secara cepat dan mudah, silahkan hubungi mereka melalui e-ma il: rossastanleyloancompany@gmail.com dapatkan pinjaman apa pun yang Anda butuhkan hari ini, terima kasih, saat Anda membaca kesaksian terbesar dalam hidup saya. Nancy Nunez +1(509)640-6671

    BalasHapus
  122. Halo, saya FIGUEIREDO DE OLIVEIRA LUCIANO, saat ini tinggal di kota Bristol, di sini di Inggris. Saya seorang duda saat ini dengan Empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Mei 2019 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari bank dan berbagai firma pinjaman baik swasta maupun korporasi tetapi tidak pernah berhasil, dan kebanyakan bank menolak kredit saya. Tetapi seperti yang Tuhan inginkan, saya diperkenalkan kepada seorang wanita Tuhan seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberi saya pinjaman $ 150,000.00 USD dan hari ini saya adalah pemilik bisnis dan anak-anak saya baik-baik saja saat ini, jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan hanya dengan tingkat bunga 3% dan rencana dan jadwal pembayaran yang lebih baik, silakan hubungi Ibu Rossa Stanley (rossastanleyloancompany@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat bahagia sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lebih banyak tentang dia dan juga saya ingin Tuhan memberkatinya lebih banyak. Anda dapat menghubunginya melalui ini
    email- rossastanleyloancompany@gmail.com
    untuk pertanyaan apa pun, kontak saya adalah WhatSapp + (44) -7537-1690-15
    email pribadi saya- figueiredoluciano2020@gmail.com
    figueiredoluciano10@yahoo.com

    BalasHapus

share
free web site traffic and promotion