.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Rabu, 02 Januari 2013

Training SEM (Structural Equation Modeling), 19 Januari 2013

Tazkia Campus
Jl. Ir. H. Djuanda 78 Sentul City, BOGOR 16810
Sentul City, BOGOR
 
Analisis faktor adalah analisis statistik multivariate yang banyak digunakan untuk menguji validitas dari alat ukur, baik di bidang psikologi, pendidikan, dan ilmu sosial lainnya. Selain itu, analisis faktor juga telah terbukti sangat berguna dalam menemukan dan merumuskan konsep/teori baru di bidang psikologi. Ada dua jenis analisis faktor, yaitu: exploratory factor analysis (EFA) dan confirmatory factor analysis (CFA). Pelatihan ini memberikan pemahaman konsep-konsep dasar analisis faktor, latihan penggunaan software, baik SPSS maupun Lisrel, dan menafsirkan output yang dihasilkan.

Structural Equation Modeling (SEM) adalah metode regresi berstruktur yang memadukan path analysis dan analisis faktor. Melalui metode ini dapat diungkapkan dampak dari satu variabel terhadap variabel lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, dapat diperoleh berbagai koefisien statistik, khususnya regresi, yang terbebas dari pengaruh buruk kesalahan pengukuran. Dengan SEM, peneliti dapat memperoleh hasil analisis statistik yang lebih murni dan terpercaya. Metode ini sangat populer dalam kurun waktu 5-10 tahun terakhir di bidang ekonomi, psikologi, pendidikan, sosiologi, dan kesehatan.  Pelatihan ini adalah tingkat dasar, meliputi teori dan praktek untuk ketiga topik di atas, dengan durasi 1 hari penuh. Pemahaman konsep dasar analisis regresi akan sangat membantu peserta.

TARGET PESERTA
Dosen, Mahasiswa pascasarjana, peneliti, dan mereka yang tertarik, khususnya di bidang ekonomi, psikologi, pendidikan, sosiologi, dan ilmu sosial lainnya.
Peserta diharapkan dapat membawa laptop/notebook yang sudah terinstall dengan program SPSS,LISREL, dan WINSTEP. Panitia akan menyediakan LISREL versi demo dan WINSTEP versi demo. Peserta juga dapat mendownload langsung untuk LISREL versi demo di:
http://www.ssicentral.com/lisrel/student.html
WinStep versi demo (ministep) bisa didownload di:
http://www.winsteps.com/ministep.htm

FASILITATOR:
INDRA, M.Si
(Peneliti Brighten Institute, Doctor Candidate Universitas Indonesia)
Telah berpengalaman dalam mengisi pelatihan-pelatihan SEM dan metodologi lain di Bank Indonesia dan beberapa kementerian

JADWAL PELATIHAN:
Sabtu, 19 Januari 2013 , 08.30 – 15.30.

TEMPAT PELATIHAN:
Tazkia Campus
Jl. Ir. H. Djuanda 78 Sentul City, BOGOR 16810

FASILITAS:
1. Makalah (bahan presentasi)
2. Manual Syntax Lisrel dan Prelis
3. Data contoh untuk latihan
4. Sertifikat
5. Lunch dan Coffee Break
6. Training Kit (tas, bolpoin, blocknote)
7. CD Training*

INVESTASI:
Rp 750.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

share
free web site traffic and promotion